Connect with us

DAERAH

Diduga Kurangi Volume, PERAK Pertanyakan Kualitas Proyek Jalan Beton Mandai Maros

Published

on

Radarnkri.com, MAROS — Proyek Peningkatan Jalan Beton Hotmix Perumahan Kota Mandai dan Dalam Kota Mandai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Maros diduga sarat permasalahan dan terindikasi KKN.

Pasalnya, hasil investigasi dan penulusuran LSM PERAK di lapangan menemukan adanya dugaan proyek tersebut tidak sesuai RAB, tidak sesuai petunjuk teknis dan spesifikasi teknis.

Adanya unsur kesengajaan tertutupnya papan proyek dengan kertas, semakin mempertegas dugaan LSM PERAK jikalau bangunan tersebut bermasalah.

Proyek jalan beton yang sejatinya menghabiskan DAK tahun 2018 Rp. 2.915.196.000, namun secara kasat mata proyek yang berlokasi di Griya Maros Indah tersebut diduga tidak sesuai standarisasi kelayakan dan juknis sehingga mengurangi kualitas pekerjaan.

“Bobot ketebalan lentur aspal diduga kuat dikurangi. Dimana setelah kami melakukan pengukuran hanya memiliki ketebalan 2 sampai 3 cm. Padahal ketebalan nominal minimum yang setahu kami dipersyaratkan itu 4 cm sampai 6cm,” ucap Ruslan, selaku Wakil Koordinator Divisi Pelaporan dan Puldata LSM PERAK Sulawesi Selatan, Selasa (8/10/19).

Ruslan menduga terjadi mark up anggaran pada proyek jalan beton tersebut.

“Diduga kuat volume pekerjaan dikurangi, lebar tidak mencapai 4 meter. Proyek tersebut diduga tidak sesuai standar LPA atau LPB yang dipersyaratkan,” tambahnya.

Pihaknya juga menduga proyek tersebut tidak menggunakan B-Nol sehingga kualitas pekerjaan buruk dan cepat rusak.

“Diduga proyek yang dikerjakan PT Sabar Jaya Pratama tersebut dikerjakan asal jadi dan tidak berpedoman Peraturan Menteri PU No. 19/PRT/2011 tentang persyaratan teknis jalan dan kriteria persyaratan teknis jalan ada unsur permufakatan jahat,” jelas Ruslan.

Lanjut Ruslan, pihaknya juga menemukan pada pengecoran hanya ditambah pada bahu jalan dan dikerjakan tidak sesuai standar beton Indonesia (SNI) sehingga kualitas beton dipertanyakan.

“Dalam proyek ini, patut diduga KPA dan PPK melakukan bembiaran dan menerima imbalan atau fee dari kontraktornya,” kata Ruslan.

Ruslan juga mengingatkan, Kadis PU dan Penataan Ruang Kabupaten Maros terkait penyalahgunaan wewenang/jabatan untuk mencari keuntungan pribadi adalah tindak pidana korupsi.

“Dalam dua tiga hari kedepan kami kumpulkan baket dan data. Pastinya kami lapor secara resmi ke penegak hukum,” tegas Ruslan.

Ruslan juga mengakui pihaknya sudah bersurat meminta klarifikasi dari Dinas PUPR Kabupaten Maros namun balasan surat dari Dinas tersebut tidak menjawab secara teknis temuan yang disampaikan.

“Tidak menutup kemungkinan dugaan kami sudah sering mereka lakukan pada proyek-proyek jalan sebelumnya. Tentunya penegak hukum harus pro aktif dalam hal ini, jangan cuma menunggu bola,” pungkasnya. (Jufri)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DAERAH

Peringati Hari SNT 2019. Bupati Adnan Lepas Ratusan Peserta Karnaval Santri

Published

on

Radarnkri.com, GOWA —–Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Kepala Kantor Kementrian Agama Gowa, Hj Adliah melepas ratusan peserta Karnaval Santri dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2019 tingkat Kabupaten Gowa.

Kegiatan ini berlangsung di Halaman Masjid Agung Syekh Yusuf, Jalan Masjid Raya Sungguminasa, Sabtu (19/10) pagi. Turut dihadiri Dandim 1409 Gowa, Letkol Arh Muh Syuaib
Wakapolres Gowa, Muh Fajri dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, H Syamsuddin Bidol.

Dalam sambutannya, Adnan mengatakan bahwa kegiatan hari ini untuk mempererat tali silaturahmi dan hubungan emosional diantara kita semua pondok-pondok pesantren yang ada di Gowa.

“Pondok -pondok pesantren bukanlah sebuah sekat-sekat untuk memisahkan kita semuanya. Pondok pesantren adalah untuk mendidik kita agar kita bisa bangkit dan pertahankan dalam menyebarluaskan agama yang kita cintai ini sesuai dengan tuntunan dari Allah SWT,” katanya.

Selain itu, kegiatan carnaval juga untuk membangkitkan kembali semangat persatuan dan kesatuan kita dalam membangun bangsa, yang mana kita semua ini adalah orang-orang yang terlibat langsung dalam pembangunan.

“Kalian ini adalah para generasi penerus bangsa yang akan terlibat langsung dalam pembangunan khususnya pembangunan di Kabupaten Gowa yang kita cintai, yang sumber daya manusianya makin baik dan tentunya berlandaskan iman dan taqwa,” ujar Adnan.

Orang nonor satu di Gowa juga menyampaikan, pemerintah akan tetap berkomitmen dan terus memprogramkan peningkatan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan program-program yang telah dicanangkan.

“Insyaallah tahun depan Pemkab Gowa kembali akan mencanangkan program satu penghafal Al-quran atau hafidz pada setiap desa maupun kelurahan,” beber Adnan

Sementara Kepala Seksi Pondok Pesantren Kementrian Agama Kabupaten Gowa, H Jamaris mengatakan bahwa karnaval ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 22 Oktober mendatang.

“Karnaval ini diikuti oleh seluruh santri dan santriwati dari berbagai pondok pesantren, Madrasah Diniyah dan Madrasah Ibtidaiyah dan santri santriwati Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) di Kabupaten Gowa,” jelasnya.

Adapun rute yang dilalui peserta karnaval star dari Halaman Masjid Agung Syekh Yusuf menuju jalan Basoi dg Bunga lalu belok kiri ke Jalan Andi Tonro, kemudian belok kiri ke Jalan H Agus Salim dan berakhir kembali lagi di Masjid Agung Syekh Yusuf. (Jufri)

Continue Reading

DAERAH

Kadis PMD Gowa Apresiasi Program GoWa-MO

Published

on

Radarnkri.com, GOWA – Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Group Wartawan Media Online “DPP GoWa-MO” menemui kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Gowa, Muh Asrul, dalam rangka lanjutan dan implementasi Program “Media Online Masuk Desa dan Desa Masuk Media Online”, Jumat siang (18/10) Dikantor Bupati Gowa, Jl. Mesjid Raya no 31 Sungguminasa Gowa.

Ketua Umum GoWa-MO, Syafriadi Djaenaf mengatakan program ini akan sangat membantu pemerintah desa dan secara otomatis Pemkab Gowa juga. Kita menginginkan wibawa pemerintah desa bisa terjaga dengan bantuan pengawasan dan pembinaan dari program ini.

Lanjut jelasnya, investor mau berinvestasi di Desa apabila pemerintah desa punya wibawa dalam hal ini tidak ada catatan buruk agar dapat meyakinkan pengusaha untuk berinvestasi,”ungkap pak ketua

Dengan publikasi potensi dan keberhasilan pembangunan serta penyelenggaraan pemerintah desa yang baik, tentu saja dapat meyakinkan pengusaha untuk berinvestasi. Kehadiran media di desa secara otomatis dapat meminimalisir penyelewengan penggunaan dana desa.

GoWa-MO akan konsen dengan pemanfaatan potensi desa. Memberdayakan segenap sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki desa sebagai modal dasar yang perlu dikelola dan dikembangkan bagi kelangsungan dan perkembangan desa.

BUMdes harus lebih bergerak memanfaatkan potensi desa dengan melibatkan masyarakat luas, seperti pengelolaan objek wisata, dan pemanfaatan potensi desa baik dalam bidang kuliner,  kreasi seni dan lainnya.

Selain itu jelasnya, aparat desa juga akan di berikan bimbingan tekhnik pembuatan rilis, tujuannya apabila ada kegiatan kegiatan positif di desanya maka bisa membuat rilis untuk dipublikasikan. Pengawasan kita berbeda dengan pengawasan yang sudah berjalan atau yang dilakukan APH dan sosial kontrol lainnya.

Sementara itu Kadis PMD Gowa, Muh Asrul menyambut baik program ini dan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada GoWa-MO yang mau membantu pemerintah desa utamanya pengembangan SDM dan pemanfaatan potensi desa.

Semoga Program Media Online Masuk Desa dan Desa Masuk Media Online ini dapat berjalan dengan lancar dan berkelanjutan. Apapun itu programnya asalkan positif, pemerintah Kabupaten Gowa tentu saja akan mendukung,”ungkapnya

Asrul menambahkan, sudah saatnya media mengambil perannya dalam pembangunan desa sampai kabupaten sebagai sosial kontrol. Sebagai kepala Dinas PMD Kabupaten Gowa, saya akan membantu sepenuhnya program ini, silahkan teman teman GoWa-MO bekerja dan melakukan koordinasi langsung dengan pihak desa,”ucapnya.

 

Laporan : Rudi S
Editor : JFR

Continue Reading

DAERAH

DPP HIPMA Gowa Menggagas Gerakan Ayo Yasinan Bersama

Published

on

Radarnkri.com| Gowa – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Himpunan Palajar Mahasiswa (HIPMA) Gowa Melaksanakan Yasinan Bersama bertempat di Sekretariat DPP HIPMA Gowa Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 16 Sungguminasa gowa Kamis, 17 Oktober 2019,
Yasinan bersama ini di hadiri oleh Dewan Senior, Dewann Pembina, Mpo, serta Koordinatorat Komisariat Hipma Gowa.

Seiring berkembangnya zaman diera modernisasi saat sekarang ini, kecintaan dan kepekaan pumuda dan mahasiswa terhadap membaca Al-Qur’an itu terkikis oleh zaman, jangankan membaca Alquran menyetuhnya saja sudah sangat jarang.

Ketua Dpp HIPMA Gowa di sela-sela kegiatan yasinan saat di hubungi oleh media mengatakan “Gerakan Ayo Yasinan Bersama ini adalah salah satu langkah awal untuk menumbuhkan kembangkan pemuda dan Mahasiswa kabupaten Gowa untuk kembali cinta terhadap Al-Qur’an, karena di era sekarang ini membanca al Qur’an itu sangat jarang ditemui dikalangan pemuda jangankan membaca menyentuhnya pun jarang”. Tuturnya

Gerakan ayo Yasinan Bersama ini di gagas oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) HIPMA Gowa melalui Departemen Pembinaan Keagamaan.
Semoga kedepan pelajar dan mahasiswa lebih giat dan tekun membaca Alquran, karena dengan membaca Al-Qur’an itu hati bisa tenang, mata bisa menjadi lebih sehat dan takkalaa pentingnya lagi ketikan membaca Alquran kita akan mendapatkan pahala dan rahmat dari Alloh SWT.

Firman Allah dalam Al-Qur’an yang artinya, “Apabila dibacakan Alquran, perhatikanlah dan diamlah, maka kalian akan mendapatkan rahmat.” (QS. al-A’raf: 204). (A.ilyas)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 DKA Research Center. PoweredBy RadarNKRI.com