Connect with us

DAERAH

Diduga Kurangi Volume, PERAK Pertanyakan Kualitas Proyek Jalan Beton Mandai Maros

Published

on

Radarnkri.com, MAROS — Proyek Peningkatan Jalan Beton Hotmix Perumahan Kota Mandai dan Dalam Kota Mandai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Maros diduga sarat permasalahan dan terindikasi KKN.

Pasalnya, hasil investigasi dan penulusuran LSM PERAK di lapangan menemukan adanya dugaan proyek tersebut tidak sesuai RAB, tidak sesuai petunjuk teknis dan spesifikasi teknis.

Adanya unsur kesengajaan tertutupnya papan proyek dengan kertas, semakin mempertegas dugaan LSM PERAK jikalau bangunan tersebut bermasalah.

Proyek jalan beton yang sejatinya menghabiskan DAK tahun 2018 Rp. 2.915.196.000, namun secara kasat mata proyek yang berlokasi di Griya Maros Indah tersebut diduga tidak sesuai standarisasi kelayakan dan juknis sehingga mengurangi kualitas pekerjaan.

“Bobot ketebalan lentur aspal diduga kuat dikurangi. Dimana setelah kami melakukan pengukuran hanya memiliki ketebalan 2 sampai 3 cm. Padahal ketebalan nominal minimum yang setahu kami dipersyaratkan itu 4 cm sampai 6cm,” ucap Ruslan, selaku Wakil Koordinator Divisi Pelaporan dan Puldata LSM PERAK Sulawesi Selatan, Selasa (8/10/19).

Ruslan menduga terjadi mark up anggaran pada proyek jalan beton tersebut.

“Diduga kuat volume pekerjaan dikurangi, lebar tidak mencapai 4 meter. Proyek tersebut diduga tidak sesuai standar LPA atau LPB yang dipersyaratkan,” tambahnya.

Pihaknya juga menduga proyek tersebut tidak menggunakan B-Nol sehingga kualitas pekerjaan buruk dan cepat rusak.

“Diduga proyek yang dikerjakan PT Sabar Jaya Pratama tersebut dikerjakan asal jadi dan tidak berpedoman Peraturan Menteri PU No. 19/PRT/2011 tentang persyaratan teknis jalan dan kriteria persyaratan teknis jalan ada unsur permufakatan jahat,” jelas Ruslan.

Lanjut Ruslan, pihaknya juga menemukan pada pengecoran hanya ditambah pada bahu jalan dan dikerjakan tidak sesuai standar beton Indonesia (SNI) sehingga kualitas beton dipertanyakan.

“Dalam proyek ini, patut diduga KPA dan PPK melakukan bembiaran dan menerima imbalan atau fee dari kontraktornya,” kata Ruslan.

Ruslan juga mengingatkan, Kadis PU dan Penataan Ruang Kabupaten Maros terkait penyalahgunaan wewenang/jabatan untuk mencari keuntungan pribadi adalah tindak pidana korupsi.

“Dalam dua tiga hari kedepan kami kumpulkan baket dan data. Pastinya kami lapor secara resmi ke penegak hukum,” tegas Ruslan.

Ruslan juga mengakui pihaknya sudah bersurat meminta klarifikasi dari Dinas PUPR Kabupaten Maros namun balasan surat dari Dinas tersebut tidak menjawab secara teknis temuan yang disampaikan.

“Tidak menutup kemungkinan dugaan kami sudah sering mereka lakukan pada proyek-proyek jalan sebelumnya. Tentunya penegak hukum harus pro aktif dalam hal ini, jangan cuma menunggu bola,” pungkasnya. (Jufri)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DAERAH

Tetap Bugar Dan Fit, Ini Yang Rahasia Sat Lantas Polres Gowa 

Published

on

Gowa ( RadarNkri.com) – ” MENS SANA IN CORPORE SANO ” didalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat.Sat Lantas Polres Gowa tidak mengenal kata berhenti untuk tetap bugar dan fit dalam menjaga staminanya. Hari ini Selasa, 26 Mei 2020 jam 06.30 jajaran sat lantas melakukan olah raga pagi bersama sebelum melaksanakan tugas TURJAWALI ( pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli).

Pelaksanaan olah raga ini dipimpin langsung oleh Kasat Lantas AKP. Mustari, SH diikuti seluruh personel Sat Lantas Polres Gowa.

AKP. Mustari SH. mengatakan ” Olah raga ini rutin kami laksanakan setiap pagi pada saat pelaksanaan apel pagi utk menjaga stamina dan menjaga kebugaran tubuh ditengan pandemi Covid-19 sehingga dapat menangkal berbagai penyakit dan bisa melayani masyarakat

Di tempat terpisah Kapolres Gowa AKBP Boy Fs Samola menyampaikan, “Pentingnya menjaga stamina tubuh apalagi dlm kondisi pandemi covid 19 saat ini, jadi mari budayakan diri utk tetap menjaga Stamina tetap fit salah satunya dengan berolah raga” ujar Kapolres.

(Red) A.ilyas

Continue Reading

DAERAH

Bentuk Kepedulian, Kapolres Barru Salurkan Bantuan ke Warga Pra Sejahtera

Published

on

Editor.  : Jufri

BARRU, (Radarnkri.com) — Sebagai bentuk kepedulian Polri dalam membantu masyarakat saat menghadapi Pandemi Virus Corona Covid -19, Kapolres Barru Akbp Welly Abdillah.SH., S.IK, menyalurkan Bantuan Beras ke Masyarakat Pra Sejahtera.

Beras bantuan yang langsung dari Kapolri sebanyak 10 ( sepuluh ) Ton untuk warga Pra Sejahtera di Kab. Barru yang terdampak Covid 19 dan belum pernah tersentuh bantuan sosial dari pemerintah Kabupaten maupun pusat.” ungkap Kapolres Barru saat dikonfirmasi awak media.

Kapolres Barru Akbp Welly Abdillah
mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat 22 Mei 2020 pukul 09.20 wita, di awali penyerahan bantuan secara simbolis bertempat di Gudang Bulog Madello Jln. Poros Pare – Barru, Dusun Madello Desa Madello Kec. Balusu Kab. Barru.

Kemudian dilanjutkan pendistribusiannya kepada masyarakat pra sejahtera yang terdampak covid-19, Majid ( 60 tahun), pekerjaan tidak ada, alamat Kampung Dempissue dusun madello dan Perempuan Dalde, umur 62 Tahun, pekerjaan tidak ada alamat kampung appualange dusun madelle Kec.Balusu Kab.Barru.

Kegiatan ini didampingi oleh Kepala Gudang Bulog Madello Syarifuddin. Selanjutnya para Kapolsek jajaran dan Bhabinkamtimbas mengawal sampai kerumah masing masing warga yang terdaftar namanya.

Giat tersebut dihadiri oleh Waka Polres Barru Kompol Eddy Sumantri, Kabag Ops Polres Barru Kompol Andi Sunra, Kabag Sumda Polres Barru Kompol Nur Alam, S.H, Kasat Intel Polres Barru AKP Ngadi, S. Sos, Kasat Lantas Polres Barru Akp Mariana, Kasat Binmas Polres Barru Akp H. Fatahuddin, Kapolsek jajaran Polres Barru, Kasubbag Humas Akp.Sainuddin, paur Sarpras serta Para Bhabinkamtibmas jajaran Polres Barru .

Olehnya itu, tentu hal ini bukan jadi tolak ukur Kita semua dalam meningkatkan kepedulian, kurang lebih kita harus berusaha atau berikhtiar hal yang terbaik bagi masyarakat di tengah pandemi

”Mari kita semua bersatu melawan penyebaran virus corona dengan tetap di rumah saja serta tetap menjaga sosial distancing dan sering cuci tangan dengan air mengalir,” Ujar Kapolres Barru (JFR)

Continue Reading

DAERAH

Komunitas BJO Bersama PJR Polda Sulsel Sisir Pasar Di Tiga Kec

Published

on

Gowa (RadarNkri.com) Bentuk kepedulian dan partisipasi dalam pencegahan penyebaran covid – 19, komunitas BJO (Bawakaraeng Jonga Otomotif) bersama PJR Sulsel sisir pasar di tiga kecamatan.
20/5/2020Kali ini komunitas BJO bersama PJR Polda Sulsel pokus pada pedagang dan pengunjung di kecamatan Tinggimoncong, Parigi dan kecamatan Tombolopao

Arifin, salah satu dari pengurus BJO yang dikonfirmasi mengatakan benar pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di kabupaten Gowa telah berakhir pada tanggal (17/5/2020) namun kami tetap berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus covid – 19 diarea dataran tinggiLanjut, adapun fokus kami yaitu pasar sentral Malino, pasar Majannang dan pasar Kanreapia Tombolopao, selain membagikan masker kami juga mengimbau masyarakat agar jaga jarak, ini semua kami lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat dan ikut membantu pemerintah kabupaten Gowa, terkhusus kecamatan Tinggimoncong,Parigi dan Tombolopao, terangnya

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 DKA Research Center. PoweredBy RadarNKRI.com