Connect with us

HUKUM & KRIMINAL

Polantas Polres Gowa Arogan, Ini Kata Direktur Eksekutif LSM CIP

Published

on

Radarnkri.com, GOWA – Seorang polantas dari polres Gowa Sulawesi Selatan melakukan penindakan dilapangan dengan sangat kasar terhadap pengendara bermotor. Tindakan tidak terpuji dan simpati ini dialami Zulfiadi Muis, Senin (7/10/2019) kemarin pagi.

” Saya berharap tak ada lagi kejadian seperti ini yang dialami masyarakat, Seperti nyari-nyari kesalahan masyarakat.

Zulfiadi meceritakan kronologi kejadiannya, kemarin pagi dijalan mesjid raya saat mengantar anak untuk ujian hafidz dengan mengendarai motor Honda beat nomor plat DD 4964 UI. Baru saja keluar dari jalan setapak, kebetulan berpapasan dengan oknum polantas tersebut, lalu kemudian saya dihentikan, alasannya karena tidak memiliki satu kaca spion.

Dirinya mengakui kalau melakukan pelanggaran namun telah memohon kebijakan agar diijinkan balik kerumah untuk memasang kaca spion satunya lagi, namun oknum polantas tersebut tidak memberi toleransi. Malah bersikukuh untuk melakukan tilang,”pungkasnya

Lanjut jelasnya, seharusnya oknum polantas ini tidak bisa semena-mena seperti hukum tertulis saja. Polisi juga harus melihat kondisi sosiologis. Sehingga masyarakat bisa menerima dengan jelas, ini harus di miliki. Kalau polisi dilatih hanya mengikuti hukum, ini bisa berbeda pendapat dengan masyarakat.

Tidak usah berteriak keras kalau mau menindaki, apalagi didepan anak saya yang masih berumur 9 tahun. “Saya sudah memohon untuk mengantar dulu anak pergi ujian hafidz karena khawatir terlambat, namun tidak diijinkan juga,”tutur Daeng Ramma (nama akrabnya)

Lanjut tambahnya, paling tidak dapat diterima perkataannya yang mengatakan “Buku Tilang Ini Harus Dihabiskan, Perintah Kapolres” jadi dugaannya oknum ini mobile untuk mencari kesalahan masyarakat karena ada target. Kemungkinan polisi tersebut lemah dalam hukum lalu lintas. Sehingga perlu dilakukan penyegaran terhadap petugas yang turun langsung di lapangan. Tujuannya untuk memberikan penyegaran wawasan yang sudah pernah dipelajari.

“Polisi bukan hukum yang mati dalam buku. Karena tulisan itu diterapkan di lapangan. Ini hukum sosiologis bukan normatif. Dan ini harus dibarengi dengan interaksi. Kalau ini gak dilatih diterapkan di lapangan bisa salah pengertian,”tutup Direktur Eksekutif LSM CIP ini. (JFR)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKUM & KRIMINAL

Pemeriksaan Dan Teguran Dalam Operasi Ketupat Lipu 2020, Yang Digelar Sat Lantas Polres Gowa 

Published

on

Gowa(RadarNkri.com) – Terkait Ops ketupat Lipu 2020 Sat lantas Polres Gowa Siang Ini Melakukan Teguran bagi pengendara roda dua maupun roda empat,giat tersebut di laksanakan di depan pasar minasamaupa Jl.Usman Salengke kec.Sombaopu Kab.Gowa,Selasa tanggal 26 Mei 2020 sekitar pukul 09.00 witaKasat Lantas Polres Gowa AKP Mustari SH menegaskan bahwa “kami memberhentikan kendaraan bermotor yang melintas kemudian melakukan pemeriksaan SIM dan STNK, serta kelengkapan kendaraan bagi pengendara yang tidak menggunakan masker kami beri teguran dan membagikan masker secara gratis untuk pengendara baik pengendara R2 Maupun R4.

Lebih lanjut, dia menerangkan, adapun jenis pelanggaran yang didominasi pengendara sepeda motor adalah melawan arus dan tidak menggunakan helm standar

Selain itu AKP Mustari SH menambahkan pelaksanan Ops ketupat Lipu tahun ini lebih mengedepankan aksi humanis dan persuasif

Di lain tempat Kapolres Gowa AKBP Boy FS Samola S.IK Berharap kepada jajarannya dalam bertindak di lapangan tetap Mempedomani SOP serta tetap menerapkan 3 S (senyum,sapa,salam),pungkas Kapolres Gowa.

(Red) A.ilyas

Continue Reading

HUKUM & KRIMINAL

Kerap Beraksi, Tim Resmob Polda Sulsel Ringkus Pelaku Curat

Published

on

GOWA, (RadarNkri.com) — Anggota RESMOB POLDA SULSEL telah mengamankan diduga Pelaku Curat, yang kerap beraksi di wilayah Kab. GOWA Jumat , (15 /5/2020) sekitar pukul 23.30 WITA, di BTN Gowa Lestari Kab Gowa

Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Sulsel Kompol Arsyad mengkonfirmasi pelaku yaitu KIAS (16 tahun) warga JL. BTN Gowa Lestari Kab. Gowa

Saat di konfirmasi Kompol Arsyad menjelaskan, Berdasarkan informasi dari informan di lapangan bahwa pelaku sedang berada di rumahnya Jalan BTN Gowa Lestari Kabupaten Gowa

Kemudian kata Arsyad, anggota Resmob bergerak cepat menuju ke tempat tersebut dan berhasil mengamankan pelaku Kias (16 thn)

Selanjutnya pelaku dibawa ke Posko RESMOB POLDA SULSEL untuk diinterogasi lebih lanjut.

Dihadapan aparat, Pelaku mengakui bahwa pada bulan April Tahun 2020 melakukan pencurian bersama 5 (lima) orang temannya di Jalan BTN Gowa Lestari dengan mengambil 1 (satu) unit Laptop Compact ,1 ( satu) unit notebook Merk Asus dan Power 40 Watt Handy Talkie serta surat-surat penting lainnya.

Pelaku juga mengakui bahwa pada Bulan Pebruari 2020 melakukan pencurian pada 2 tempat yaitu di Jalan Yusuf Bauty mengambil HP Samsung J1, dan di Jalan BTN Gowa Lestari dan mengambil 3 (tiga) tabung gas 3 KG.

Kompol Arsyad juga menyebut Pelaku mengakui pada Tahun 2019 juga melakukan pencurian toko dan mengambil uang tunai sebesar Rp 500.000,- dan pencurian di Jalan BTN Gowa Lestari dan mengambil HP Samsung lipat

Dari hasil introgasi, anggota juga melakukan pengembangan pencarian barang bukti di rumah penadah yang disebutkan pelaku, di Jalan Yusuf Bauty Kab.Gowa.

“Di tempat tersebut anggota resmob juga mengamankan 2 orang penadah yaitu DAL(24 tahun) sam FAS (23 tahun)

Sementara para pelaku diserahkan ke anggota Polres Gowa guna proses lebih lanjut, “tutup Kompol Arsyad

Laporan : Dhy Rhaja DTT
Editor.    : Jufri

Continue Reading

DAERAH

Parkir Di Sembarang Tempat, Sat Lantas Polres Gowa Dalam OPS Ketupat 2020 Beri Teguran 

Published

on

Gowa (Radarnkri.com) – Dalam rangka operasi ketupat Lipu 2020 Sat Lantas Polres Gowa memberikan tindakan berupa teguran kepada Pengemudi Roda 4 dan Roda 6 yang memarkirkan kendaraan nya di sembarang tempat, tepatnya di Jl.Usman Salengke Kec.Sombaopu Kab.Gowa Sabtu 16/05/2020 sekitar pukul 13.00 wita.Dalam kegiatan tersebut Kasat Lantas Polres Gowa AKP Mustari SH di dampingi KBO Sat Lantas Polres Gowa Iptu Ida Ayu Made SH, dan Kanit Patroli Iptu Dalhari serta Personil Sat Lantas polres Gowa.

AKP Mustari SH mengungkapkan penindakan tersebut guna pengemudi lebih taat dalam memarkirkan kendaraannya, sebab apabila pengemudi asal parkir dapat menyebabkan kemacetan serta dapat berpotensi terjadinya Laka lantas pungkasnya.

Selain itu AKP Mustari SH juga menghimbau kepada masyarakat kabupaten Gowa yang berada di luar daerah agar menunda mudik guna mengurangi penyebaran virus Corona di Kabupaten Gowa.

Di lain Pihak Kapolres Gowa AKBP Boy FS Samola S.IK M.H berharap masyarakat agar tidak usah keluar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak, kita semua wajib mengikuti aturan pemerintah dalam hal bekerja, Ibadah Taraweh dan Berbuka Puasa semua dilakukan dirumah, hal ini pemerintah lakukan agar kita semua selamat dari Bahaya Virus Corona yang juga sekaligus mengurangi penyebarannya” Tutup Kapolres Gowa.

(Red) A.ilyas

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 DKA Research Center. PoweredBy RadarNKRI.com