Connect with us

DAERAH

Pimpinan DPRD Gowa Belum Pelantikan, 45 Anggota Dewan Sudah Laksanakan Reses

Published

on

 

Radarnkri.com, GOWA – Pasca pelantikan 45 anggota DPRD Gowa periode 2019-2024 melaksanakan agenda reses perdana, dengan melakukan penjaringan aspirasi masyarakat di tiap daerah pemilihan masing-masing.

Belum sebulan pelantikan, 45 Anggota DPRD Gowa langsung tancap gas melakukan kegiatan reses selama 3 hari. Namun Pelaksanaan reses tersebut menuai protes dan pertanyaan dari berbagai kalangan masyarakat Gowa, pasalnya belum dilaksanakannya pelantikan pimpinan dewan, ketua dan wakil ketua DPRD Gowa.

Ketua LSM MAPANKAN, Fajar Fajhri mengatakan meskipun tercantum dalam SK Pelantikan sebagai Pimpinan DPRD Gowa namun belum ada pelantikan atau mengucapkan sumpah/janji maka Ketua DPRD Gowa masih bersifat sementara, Rabu, (9/10/2019) di Warkop Almaida Jl. Mesjid Raya Sungguminasa.

Ketua DPRD Sementara belum bisa bertanda tangan untuk pelaksanaan kegiatan reses yang berkaitan dengan penggunaan anggaran. Sifatnya masih pimpinan sementara, setidaknya pimpinan punya tugas utama yang harus diselesaikan. Yakni menyusun tata tertib DPRD dan memfasilitasi pembentukan fraksi, serta memfasilitasi pembentukan Alat Kelengkapan Dewan,”pungkasnya

Tugas ketua DPRD sementara menfasilitasi pembentukan fraksi dan alat kelengkapan DPRD dan kedua mempersiapkan pelantikan definitif pimpinan DPRD

Kedepannya diperlukan lahirnya atau terbitnya Surat Keputusan DPRD tentang Model dan Standarisasi Penyelenggaraan reses DPRD berdasarkan referensi dari UU No. 17 Tahun 2014 Tentang Majelis Permusyarawatan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah,”jelasnya

Sementara itu saat dikonfirmasi via telepon selulernya ketua sementara DPRD Gowa, Rafiuddin Raping mengatakan kegiatan reses tersebut berdasarkan kesepakatan bersama 45 anggota dewan.

” Saya pikir tidak ada masalah karena sudah dikoordinasikan ke bagian hukum dan sekwan sebelum kegiatan reses tersebut dilaksanakan,”ujarnya

Sekwan dan bagian hukum DPRD mengatakan sudah boleh dan terbukti dengan terbit Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) serta dibayarkan juga, berarti tidak ada masalah dengan kegiatan reses ini

Menjadi kesepakatan bersama untuk melaksanakan kegiatan reses karena belum terbentuk Badan Musyarawah (BaMus) yang beranggotakan 16 orang tersebut, makanya disepakati oleh 45 anggota dewan,”tutupnya

Berikut ini salah satu referensi Regulasi Kegiatan Reses DPRD Kab/Kota :
Peraturan Pemerintah PP Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib DPRD, Pasal 64, ayat (2) tahun sidang sebagaimana ayat (1) terdiri atas 3 (tiga) masa persidangan. Ayat (3) masa persidangan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi masa sidang dan masa reses, kecuali pada masa persidangan terakhir dari satu periode keanggotaan DPRD dilakukan tanpa masa reses. Ayat (4) masa reses sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dilaksanakan paling lama 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) kali reses. Ayat (5) masa reses dipergunakan oleh anggota DPRD secara perseorangan atau kelompok untuk mengunjungi daerah pemilihannya guna menyerap aspirasi masyarakat. Ayat (6) anggota DPRD secara perseorangan atau kelompok wajib membuat laporan tertulis atas hasil pelaksanaan tugasnya pada masa reses sebagaimana dimaksud ayat (5), yang disampaikan kepada pimpinan DPRD dalam rapat paripurna. Ayat (7) jadwal dan kegiatan acara selama masa reses sebagaimana dimaksud pad ayat (4), ditetapkan oleh pimpinan DPRD setelah mendengar pertimbangan Badan Musyawarah. Di dalam Pasal 107, ayat (2) huruf (f) dinyatakan bahwa perumusan rancangan awal RKPD Kabupaten/ Kota mencakup penelaahan pokok-pokok pikiran DPRD kabupaten/ kota. (**)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DAERAH

Tetap Bugar Dan Fit, Ini Yang Rahasia Sat Lantas Polres Gowa 

Published

on

Gowa ( RadarNkri.com) – ” MENS SANA IN CORPORE SANO ” didalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat.Sat Lantas Polres Gowa tidak mengenal kata berhenti untuk tetap bugar dan fit dalam menjaga staminanya. Hari ini Selasa, 26 Mei 2020 jam 06.30 jajaran sat lantas melakukan olah raga pagi bersama sebelum melaksanakan tugas TURJAWALI ( pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli).

Pelaksanaan olah raga ini dipimpin langsung oleh Kasat Lantas AKP. Mustari, SH diikuti seluruh personel Sat Lantas Polres Gowa.

AKP. Mustari SH. mengatakan ” Olah raga ini rutin kami laksanakan setiap pagi pada saat pelaksanaan apel pagi utk menjaga stamina dan menjaga kebugaran tubuh ditengan pandemi Covid-19 sehingga dapat menangkal berbagai penyakit dan bisa melayani masyarakat

Di tempat terpisah Kapolres Gowa AKBP Boy Fs Samola menyampaikan, “Pentingnya menjaga stamina tubuh apalagi dlm kondisi pandemi covid 19 saat ini, jadi mari budayakan diri utk tetap menjaga Stamina tetap fit salah satunya dengan berolah raga” ujar Kapolres.

(Red) A.ilyas

Continue Reading

DAERAH

Bentuk Kepedulian, Kapolres Barru Salurkan Bantuan ke Warga Pra Sejahtera

Published

on

Editor.  : Jufri

BARRU, (Radarnkri.com) — Sebagai bentuk kepedulian Polri dalam membantu masyarakat saat menghadapi Pandemi Virus Corona Covid -19, Kapolres Barru Akbp Welly Abdillah.SH., S.IK, menyalurkan Bantuan Beras ke Masyarakat Pra Sejahtera.

Beras bantuan yang langsung dari Kapolri sebanyak 10 ( sepuluh ) Ton untuk warga Pra Sejahtera di Kab. Barru yang terdampak Covid 19 dan belum pernah tersentuh bantuan sosial dari pemerintah Kabupaten maupun pusat.” ungkap Kapolres Barru saat dikonfirmasi awak media.

Kapolres Barru Akbp Welly Abdillah
mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat 22 Mei 2020 pukul 09.20 wita, di awali penyerahan bantuan secara simbolis bertempat di Gudang Bulog Madello Jln. Poros Pare – Barru, Dusun Madello Desa Madello Kec. Balusu Kab. Barru.

Kemudian dilanjutkan pendistribusiannya kepada masyarakat pra sejahtera yang terdampak covid-19, Majid ( 60 tahun), pekerjaan tidak ada, alamat Kampung Dempissue dusun madello dan Perempuan Dalde, umur 62 Tahun, pekerjaan tidak ada alamat kampung appualange dusun madelle Kec.Balusu Kab.Barru.

Kegiatan ini didampingi oleh Kepala Gudang Bulog Madello Syarifuddin. Selanjutnya para Kapolsek jajaran dan Bhabinkamtimbas mengawal sampai kerumah masing masing warga yang terdaftar namanya.

Giat tersebut dihadiri oleh Waka Polres Barru Kompol Eddy Sumantri, Kabag Ops Polres Barru Kompol Andi Sunra, Kabag Sumda Polres Barru Kompol Nur Alam, S.H, Kasat Intel Polres Barru AKP Ngadi, S. Sos, Kasat Lantas Polres Barru Akp Mariana, Kasat Binmas Polres Barru Akp H. Fatahuddin, Kapolsek jajaran Polres Barru, Kasubbag Humas Akp.Sainuddin, paur Sarpras serta Para Bhabinkamtibmas jajaran Polres Barru .

Olehnya itu, tentu hal ini bukan jadi tolak ukur Kita semua dalam meningkatkan kepedulian, kurang lebih kita harus berusaha atau berikhtiar hal yang terbaik bagi masyarakat di tengah pandemi

”Mari kita semua bersatu melawan penyebaran virus corona dengan tetap di rumah saja serta tetap menjaga sosial distancing dan sering cuci tangan dengan air mengalir,” Ujar Kapolres Barru (JFR)

Continue Reading

DAERAH

Komunitas BJO Bersama PJR Polda Sulsel Sisir Pasar Di Tiga Kec

Published

on

Gowa (RadarNkri.com) Bentuk kepedulian dan partisipasi dalam pencegahan penyebaran covid – 19, komunitas BJO (Bawakaraeng Jonga Otomotif) bersama PJR Sulsel sisir pasar di tiga kecamatan.
20/5/2020Kali ini komunitas BJO bersama PJR Polda Sulsel pokus pada pedagang dan pengunjung di kecamatan Tinggimoncong, Parigi dan kecamatan Tombolopao

Arifin, salah satu dari pengurus BJO yang dikonfirmasi mengatakan benar pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di kabupaten Gowa telah berakhir pada tanggal (17/5/2020) namun kami tetap berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus covid – 19 diarea dataran tinggiLanjut, adapun fokus kami yaitu pasar sentral Malino, pasar Majannang dan pasar Kanreapia Tombolopao, selain membagikan masker kami juga mengimbau masyarakat agar jaga jarak, ini semua kami lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat dan ikut membantu pemerintah kabupaten Gowa, terkhusus kecamatan Tinggimoncong,Parigi dan Tombolopao, terangnya

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 DKA Research Center. PoweredBy RadarNKRI.com