Connect with us

DAERAH

Pimpinan DPRD Gowa Belum Pelantikan, 45 Anggota Dewan Sudah Laksanakan Reses

Published

on

 

Radarnkri.com, GOWA – Pasca pelantikan 45 anggota DPRD Gowa periode 2019-2024 melaksanakan agenda reses perdana, dengan melakukan penjaringan aspirasi masyarakat di tiap daerah pemilihan masing-masing.

Belum sebulan pelantikan, 45 Anggota DPRD Gowa langsung tancap gas melakukan kegiatan reses selama 3 hari. Namun Pelaksanaan reses tersebut menuai protes dan pertanyaan dari berbagai kalangan masyarakat Gowa, pasalnya belum dilaksanakannya pelantikan pimpinan dewan, ketua dan wakil ketua DPRD Gowa.

Ketua LSM MAPANKAN, Fajar Fajhri mengatakan meskipun tercantum dalam SK Pelantikan sebagai Pimpinan DPRD Gowa namun belum ada pelantikan atau mengucapkan sumpah/janji maka Ketua DPRD Gowa masih bersifat sementara, Rabu, (9/10/2019) di Warkop Almaida Jl. Mesjid Raya Sungguminasa.

Ketua DPRD Sementara belum bisa bertanda tangan untuk pelaksanaan kegiatan reses yang berkaitan dengan penggunaan anggaran. Sifatnya masih pimpinan sementara, setidaknya pimpinan punya tugas utama yang harus diselesaikan. Yakni menyusun tata tertib DPRD dan memfasilitasi pembentukan fraksi, serta memfasilitasi pembentukan Alat Kelengkapan Dewan,”pungkasnya

Tugas ketua DPRD sementara menfasilitasi pembentukan fraksi dan alat kelengkapan DPRD dan kedua mempersiapkan pelantikan definitif pimpinan DPRD

Kedepannya diperlukan lahirnya atau terbitnya Surat Keputusan DPRD tentang Model dan Standarisasi Penyelenggaraan reses DPRD berdasarkan referensi dari UU No. 17 Tahun 2014 Tentang Majelis Permusyarawatan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah,”jelasnya

Sementara itu saat dikonfirmasi via telepon selulernya ketua sementara DPRD Gowa, Rafiuddin Raping mengatakan kegiatan reses tersebut berdasarkan kesepakatan bersama 45 anggota dewan.

” Saya pikir tidak ada masalah karena sudah dikoordinasikan ke bagian hukum dan sekwan sebelum kegiatan reses tersebut dilaksanakan,”ujarnya

Sekwan dan bagian hukum DPRD mengatakan sudah boleh dan terbukti dengan terbit Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) serta dibayarkan juga, berarti tidak ada masalah dengan kegiatan reses ini

Menjadi kesepakatan bersama untuk melaksanakan kegiatan reses karena belum terbentuk Badan Musyarawah (BaMus) yang beranggotakan 16 orang tersebut, makanya disepakati oleh 45 anggota dewan,”tutupnya

Berikut ini salah satu referensi Regulasi Kegiatan Reses DPRD Kab/Kota :
Peraturan Pemerintah PP Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib DPRD, Pasal 64, ayat (2) tahun sidang sebagaimana ayat (1) terdiri atas 3 (tiga) masa persidangan. Ayat (3) masa persidangan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi masa sidang dan masa reses, kecuali pada masa persidangan terakhir dari satu periode keanggotaan DPRD dilakukan tanpa masa reses. Ayat (4) masa reses sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dilaksanakan paling lama 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) kali reses. Ayat (5) masa reses dipergunakan oleh anggota DPRD secara perseorangan atau kelompok untuk mengunjungi daerah pemilihannya guna menyerap aspirasi masyarakat. Ayat (6) anggota DPRD secara perseorangan atau kelompok wajib membuat laporan tertulis atas hasil pelaksanaan tugasnya pada masa reses sebagaimana dimaksud ayat (5), yang disampaikan kepada pimpinan DPRD dalam rapat paripurna. Ayat (7) jadwal dan kegiatan acara selama masa reses sebagaimana dimaksud pad ayat (4), ditetapkan oleh pimpinan DPRD setelah mendengar pertimbangan Badan Musyawarah. Di dalam Pasal 107, ayat (2) huruf (f) dinyatakan bahwa perumusan rancangan awal RKPD Kabupaten/ Kota mencakup penelaahan pokok-pokok pikiran DPRD kabupaten/ kota. (**)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DAERAH

Kadis PMD Gowa Apresiasi Program GoWa-MO

Published

on

Radarnkri.com, GOWA – Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Group Wartawan Media Online “DPP GoWa-MO” menemui kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Gowa, Muh Asrul, dalam rangka lanjutan dan implementasi Program “Media Online Masuk Desa dan Desa Masuk Media Online”, Jumat siang (18/10) Dikantor Bupati Gowa, Jl. Mesjid Raya no 31 Sungguminasa Gowa.

Ketua Umum GoWa-MO, Syafriadi Djaenaf mengatakan program ini akan sangat membantu pemerintah desa dan secara otomatis Pemkab Gowa juga. Kita menginginkan wibawa pemerintah desa bisa terjaga dengan bantuan pengawasan dan pembinaan dari program ini.

Lanjut jelasnya, investor mau berinvestasi di Desa apabila pemerintah desa punya wibawa dalam hal ini tidak ada catatan buruk agar dapat meyakinkan pengusaha untuk berinvestasi,”ungkap pak ketua

Dengan publikasi potensi dan keberhasilan pembangunan serta penyelenggaraan pemerintah desa yang baik, tentu saja dapat meyakinkan pengusaha untuk berinvestasi. Kehadiran media di desa secara otomatis dapat meminimalisir penyelewengan penggunaan dana desa.

GoWa-MO akan konsen dengan pemanfaatan potensi desa. Memberdayakan segenap sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki desa sebagai modal dasar yang perlu dikelola dan dikembangkan bagi kelangsungan dan perkembangan desa.

BUMdes harus lebih bergerak memanfaatkan potensi desa dengan melibatkan masyarakat luas, seperti pengelolaan objek wisata, dan pemanfaatan potensi desa baik dalam bidang kuliner,  kreasi seni dan lainnya.

Selain itu jelasnya, aparat desa juga akan di berikan bimbingan tekhnik pembuatan rilis, tujuannya apabila ada kegiatan kegiatan positif di desanya maka bisa membuat rilis untuk dipublikasikan. Pengawasan kita berbeda dengan pengawasan yang sudah berjalan atau yang dilakukan APH dan sosial kontrol lainnya.

Sementara itu Kadis PMD Gowa, Muh Asrul menyambut baik program ini dan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada GoWa-MO yang mau membantu pemerintah desa utamanya pengembangan SDM dan pemanfaatan potensi desa.

Semoga Program Media Online Masuk Desa dan Desa Masuk Media Online ini dapat berjalan dengan lancar dan berkelanjutan. Apapun itu programnya asalkan positif, pemerintah Kabupaten Gowa tentu saja akan mendukung,”ungkapnya

Asrul menambahkan, sudah saatnya media mengambil perannya dalam pembangunan desa sampai kabupaten sebagai sosial kontrol. Sebagai kepala Dinas PMD Kabupaten Gowa, saya akan membantu sepenuhnya program ini, silahkan teman teman GoWa-MO bekerja dan melakukan koordinasi langsung dengan pihak desa,”ucapnya.

 

Laporan : Rudi S
Editor : JFR

Continue Reading

DAERAH

DPP HIPMA Gowa Menggagas Gerakan Ayo Yasinan Bersama

Published

on

Radarnkri.com| Gowa – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Himpunan Palajar Mahasiswa (HIPMA) Gowa Melaksanakan Yasinan Bersama bertempat di Sekretariat DPP HIPMA Gowa Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 16 Sungguminasa gowa Kamis, 17 Oktober 2019,
Yasinan bersama ini di hadiri oleh Dewan Senior, Dewann Pembina, Mpo, serta Koordinatorat Komisariat Hipma Gowa.

Seiring berkembangnya zaman diera modernisasi saat sekarang ini, kecintaan dan kepekaan pumuda dan mahasiswa terhadap membaca Al-Qur’an itu terkikis oleh zaman, jangankan membaca Alquran menyetuhnya saja sudah sangat jarang.

Ketua Dpp HIPMA Gowa di sela-sela kegiatan yasinan saat di hubungi oleh media mengatakan “Gerakan Ayo Yasinan Bersama ini adalah salah satu langkah awal untuk menumbuhkan kembangkan pemuda dan Mahasiswa kabupaten Gowa untuk kembali cinta terhadap Al-Qur’an, karena di era sekarang ini membanca al Qur’an itu sangat jarang ditemui dikalangan pemuda jangankan membaca menyentuhnya pun jarang”. Tuturnya

Gerakan ayo Yasinan Bersama ini di gagas oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) HIPMA Gowa melalui Departemen Pembinaan Keagamaan.
Semoga kedepan pelajar dan mahasiswa lebih giat dan tekun membaca Alquran, karena dengan membaca Al-Qur’an itu hati bisa tenang, mata bisa menjadi lebih sehat dan takkalaa pentingnya lagi ketikan membaca Alquran kita akan mendapatkan pahala dan rahmat dari Alloh SWT.

Firman Allah dalam Al-Qur’an yang artinya, “Apabila dibacakan Alquran, perhatikanlah dan diamlah, maka kalian akan mendapatkan rahmat.” (QS. al-A’raf: 204). (A.ilyas)

Continue Reading

DAERAH

Gowa-MO Beri Ucapan Selamat atas Pelantikan Jokowi-MA, Syafriadi Djaenaf Harap Indonesia Lebih Baik

Published

on

Radarnkri.com, GOWA— Joko Widodo akan melanjutkan kepemimpinannya sebagai Presiden Republik Indonesia (RI) periode kedua (2019-2024). Minggu, 20 Oktober 2019 lusa, Jokowi secara resmi dilantik kembali sebagai Presiden RI bersama Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma’ruf Amin di Jakarta.

Antusiasme rakyat Indonesia pun menyambut pelantikan pasangan Jokowi-MA yang terpilih pada Pemilu 2019 lalu. Ucapan selamat dari pelbagai pihak dialamatkan kepada Jokowi-Ma’ruf Amin.

Tak terkecuali DPP Gowa-MO. Organisasi jurnalis itu sudah membuat banner online berisi ucapan selamat atas pelantikan Jokowi-KH Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wapres RI. “Sudah kita buat banner ucapan selamat atas pelantikan Jokowi-KH Ma’ruf Amin. Ini sebagai bentuk apresiasi kami sebagai warga negara Indonesia terhadap pemimpin bangsa,” ujar Ketua DPP Gowa-MO, Syafriadi Djaenaf, Jumat, 18 Oktober 2019.

Selain memberikan ucapan selamat, Denkmank begitu Syafriadi Djaenaf akrab disapa juga menggaungkan asa bagi masa depan Indonesia. Pria berlatar aktivis LSM itu berharap, dibawah kendali Jokowi-MA, negara ke depan akan lebih baik.

“Kita harap Presiden-Wapres RI (Jokowi-Ma’ruf,red) bisa membawa negara ini lebih baik. Cinta damai. Dan yang paling penting pemulihan ekonomi secepatnya,” harapnya.

Syafriadi juga mendukung pelantikan Jokowi-MA nanti berjalan lancar dan aman. Tak ada gangguan, khususnya soal keamanan. “Semoga kamtibmas tetap terjaga, sehingga pelantikan Jokowi-KH Ma’ruf Amin berjalan lancar dan aman,” pungkasnya.

Laporan : Jufri

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 DKA Research Center. PoweredBy RadarNKRI.com