Connect with us

METRO

NA Jalin Kerjasama dalam Bidang Riset dan Kajian Sumber Daya Kelautan Perikanan Sulsel

Published

on

 

Radarnkri.com, TASMANIA — Pemerintah Sulsel akan menjalin kerjasama dengan University of Tasmania melalui The Institute for Marine and Antarctic Studies (IMAS). Kerjasama ini dalam bentuk riset dan kajian untuk memaksimalkan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan Sulsel.

IMAS dikenal sebagai institut yang sukses melakukan penelitian dan pengembangan sumber daya maritim di Australia.

Dalam pertemuan dengan Gubernur Sulsel Prof. HM Nurdin Abdullah dan rombongan di kampus IMAS, Rabu 9 Oktober 2019, Excecutive Director IMAS Mr. Terry Bailey, menjelaskan, kampus mereka masuk ranking keempat di dunia dan tingkat pertama di Australia dalam bidang perikanan, budidaya ikan, dan kelautan.

“Hasil penelitian diserahkan ke pemerintah dan pemerintah membuat kebijakan berdasarkan hasil riset,” jelas Bailey.

Berdasarkan hasil riset IMAS, kini pihak swasta di Tasmania telah sukses mengembangkan budidaya ikan salmon di air tawar.

Pada kesempatan itu, Nurdin Abdullah mengatakan, Sulsel memiliki potensi perikanan dan kelautan yang bisa dikerjasamakan.

“Saya minta IMAS menjalin kolaborasi dengan pemerintah Sulsel dan Unhas dalam bidang penelitian dan budidaya ikan,” jelas Nurdin Abdullah.

Pada kunjungan ini, rombongan dipimpin oleh Nurdin Abdullah didampingi Konsulat Australia di Makassar, Aron Corbett.

Selain jalin kerjasama dalam bidang perikanan, Gubernur juga meminta IMAS melakukan riset dan untuk pengembangan dua sektor lain yang potensial di Sulsel.

“Saya minta IMAS melakukan riset untuk pengembangan sektor pertanian dan peternakan,” jelasnya.

Menurut Nurdin, harus ada langkah yang terukur untuk menjadikan Sulsel sebagai lumbung pangan untuk menutupi kebutuhan nasional dan bahkan kebutuhan dunia.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, Nurdin Abdullah akan mengirim beberapa staf dari Pemprov Sulsel yang memiliki disiplin ilmu dan kemampuan memadai dalam penelitian untuk belajar di IMAS.

“Harus dari staf Pemprov supaya program ini jalan,” jelas Nurdin Abdullah usai pertemuan dengan Terry dan timnya.

Menanggapi pernyataan Nurdin Abdullah, Terry Bailey, mengaku siap bekerjasama dengan Pemerintah Sulsel dalam penelitian dan kajian untuk pengembangan sumber daya yang tersedia di Sulsel.

Terry Bailey didampingi Mr Peter Craven, Chairmen Tasmanian Chairman Australia Indonesia Business Counsil; Mr Cameron Parsons, Acting Director Global Engagement; Prof Ted Lefroy, Acting Directur Tasmanian Instutute of Agriculture, Dr Quinn Fitzgibbon, Senior Research Fellow IMAS.

Dinyatakan juga, bahwa Terry dan timnya siap ke Makassar dalam waktu dekat untuk merealisasikan program yang ditawarkan Gubernur Sulsel.(*)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

METRO

Rampungkan Kepengurusan, DPD BAIN HAM RI Kota Makassar akan Lebarkan Sayap

Published

on

Editor : Jufri Tutu

Makassar, (Radarnkri.com) — Dewan Pimpinan Daerah Badan Advokasi Investigasi Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (DPD BAIN HAM RI) Kota Makassar melaksanakan Pembentukan Kepengurusan, Selasa (26/05/2020) di Kompleks perumahan talaksapang, Kota Makassar.

Ketua BAIN HAM RI Kota Makassar Herman Nompo ST MT setelah mendapat mandat dari ketua umum untuk segera merampungkan kepengurusan di Makassar tidak tinggal diam. Malam ini sudah merampungkan kepengurusan DPD Bain HAM RI Kota Makassar.

Dengan merekrut semua elemen masyarakat yang siap berjuang untuk melaksanakan tugas advokasi masyarakat dan melakukan investigasi beberapa program pemerintah di Kota Makassar yang terindikasi adanya Praktik Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

Olehnya itu, Herman Nompo dalam waktu dekat ini akan melaksanakan pelantikan kepengurusan di DPD BAIN HAM RI Kota Makassar.

“Iya, Dalam dekat ini kita akan melaksanakan pelantikan kepengurusan DPD BAIN HAM RI Kota Makassar, ” ungkap Herman Nompo

Diketahui Herman Nompo Berlatar belakang Pengusaha yang peduli dengan masyarakat berekonomi rendah di Kota Makassar dan juga selaku inisiator dan mampu mengembangkan UMKM di bidang Peternakan, Perikanan dan Perkebunan.

Pembentukan DPD BAIN HAM RI kota Makassar akan merampungkan hari ini agar dapat mengayomi masyarakat, warga kurang mampu yang berkasus hukum bisa mendapatkan layanan gratis dan dapat dinikmati oleh semua elemen masyarakat yang ada di Sulawesi Selatan, khususnya kota Makassar. ” ucap Herman Nompo

Herman Nompo, menyambut baik kepercayaan yang di berikan oleh BAIN HAM RI untuk melebarkan sayap sampai ke tingkat Rukun Tetangga(RT) di Kota Makassar, semoga keberadaan BAIN HAM RI di Kota Makassar mendapat respon baik masyarakat agar BAIN HAM RI bisa mendapatkan posisi untuk berbuat yang lebih baik.

Bain HAM RI adalah sebuah konsep hukum dan normatif yang menyatakan bahwa manusia memiliki hak yang melekat pada dirinya karena ia adalah seorang manusia. Hak asasi manusia berlaku kapanpun, di manapun, dan kepada siapapun, sehingga sifatnya universal.” Tutur Herman Nompo

Setelah pelantikan rampung maka langkah awal yang akan dilakukan DPD BAIN HAM RI kota Makassar akan Koordinasi dengan Pemerintah Kota Makassar, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Organisasi Masyarakat (ORMAS) dan Jurnalis sebagai upaya membangun sinergitas dalam menjalankan amanah lembaga yang lebih profesional, ” Tutup Herman Nompo(*)

Continue Reading

METRO

Herman Nompo di Daulat jadi Ketua BAIN HAM RI Kota Makassar

Published

on

Editor : Jufri Tutu

 

Makassar, (RadarNkri.com)– Berlatar belakang pengusaha yang peduli dengan masyarakat berekonomi rendah di Kota Makassar, Herman Nompo ST MT di amanahkan sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Badan Advokasi Investigasi Hak Asasi Manusia Republik Indonesia ( BAIN HAM RI ) Kota Makassar, Rabu (20/5)

Herman Nompo dalam waktu 45 hari kerja di berikan tugas merampungkan kepengurusan DPD BAIN HAM RI Kota Makassar dengan merekrut semua elemen masyarakat yang siap berjuang untuk melaksanakan tugas advokasi masyarakat dan melakukan investigasi beberapa program pemerintah di Kota Makassar yang terindikasi adanya Praktik Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

Penunjukan Herman Nompo yang juga aktif sehari-hari sebagai pemilik media sebagai Ketua Umum DPP BAIN HAM RI Kota Makassar di benarkan oleh Ketua Bidang OKK BAIN HAM RI, Djaya, SKM, SH.

Ketua OKK BAIN HAM RI Kota Makassar, Mengatakan siapapun bisa bergabung selama memenuhi syarat yang telah diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dan paling utama adalah peduli dengan masyarakat yang membutuhkan bantuan utamanya pada bidang hukum .

Herman Nompo, menyambut baik kepercayaan yang di berikan oleh BAIN HAM RI untuk melebarkan sayap sampai ke tingkat Rukun Tetangga(RT) di Kota Makassar, semoga keberadaan BAIN HAM RI di Kota Makassar mendapat respon baik masyarakat agar BAIN HAM RI bisa mendapatkan posisi untuk berbuat yang lebih baik.

Setelah semua rampung maka langkah awal adalah koordinasi dengan Pemerintah Kota Makassar, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Organisasi Masyarakat dan Jurnalis sebagai upaya membangun sinergitas dalam menjalankan amanah lembaga yang lebih profesional, ” Tutup Herman Nompo(*)

Continue Reading

METRO

Gerakan Bhakti Sosial Polri Peduli Covid – 19, Polda Sulsel Berikan Bantuan ke Warga Pra Sejahtera

Published

on

Makassar, (RadarNkri.com) — Gerakan Bhakti Sosial Polri Peduli Covid-19 Polda sulsel” yang telah dilaksanakan hari Jumat sampai hari ini masih terus dilaksanakan dan terus digelorakan oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol drs MAS Guntur Laupe SH MH sesuai dengan perintah Kapolri agar Polri Turun Langsung membantu warga dalam masa masa sulit pandemi saat ini, Minggu (17/05/2020).

Karo sdm Polda Kombes Pol Anang Pujijanto Sik Msi sebagai leading sektor pelaksanaan kegiatan kemanusiaan ini , menyampaikan Bahwa seluruh bantuan yang terkumpul adalah sumbangsih keikhlasan seluruh anggota Polri di Polda sulsel dan Masyarakat perduli covid dengan menyumbangkan apa saja yang dapat bermanfaat bagi sesama terutama dimasa sulit seperti ini, agar kita semua tetap kuat dan dapat sama sama memutus mata Rantai covid 19 di sulsel,” Tutur Perwira lulusan Akpol tahun 92 ini yang dikonfirmasi via Sambungan telefon.

Banjir apresiasi dari kepala daerah khususnya walikota dan bupati di wilayah sulsel terus berdatangan dikutip dari halaman beritasulsel.com Walikota Parepare, HM Taufan Pawe sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Polda sulsel dan jajaran ini.

Menurutnya, apa yang dilakukan tersebut sudah tepat sasaran dengan membantu warga yang terdampak Covid-19.

“Saya harap instansi lain dapat melakukan hal yang sama. Tidak hanya sekedar melihat dan mengamati namun ada bentuk kepedulian sosial dalam meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19”, ucap Taufan Pawe.

Hal senada disampaikan walikota Palopo M Judas Amir , Judas menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Sulsel beserta jajarannya yang telah berinisiatif membantu masyarakat yang membutuhkan.

Semoga Bantuan yang diberikan oleh Polda Sulsel Kepada saudara saudara Kita para Mustahiq, Pengurus Masjid , Purnawirawan, Warakawuri, ojek Pangkalan dan online , Tukang becak , pemulung, anak Panti, Yatim Piatu, Kaum dhuafa, semoga dapat bermanfaat secara langsung bagi diri sendiri maupun keluarga

Sebelumnya pada hari jumat Polda Sulsel secara serentak menyalurkan 275 paket Bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid 19 dan APD berupa Baju Hazmat sebanyak 2.268 Buah kepada tenaga medis yang bekerja di pusat pelayanan kesehatan dan rumah sakit rujukan Covid-19,”

Sampai saat ini Polda sulsel dan Jajaran telah membagikan  250 Ton Beras, Uang Tunai total 1 Milyar 43 Juta Rupiah , Bingkisan Lebaran sebanyak 6.270 Paket , APD sebanyak 2.268 Buah dan Paket sembako sebanyak 275 kepada masyarakat Sulsel yang terdampak Covid-19. (Fantry)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 DKA Research Center. PoweredBy RadarNKRI.com