Connect with us

HUKUM & KRIMINAL

Tak Terima Difoto Saat Pengisian BBM Melalui Jerigen di SPBU Pertamina Kalappo, Warga Aniaya Wartawan

Published

on

RadarNkri.com | TAKALAR – Perlakuan kasar kembali terjadi terhadap seorang jurnalis dari salah satu media online radarekspres.com di SPBU PERTAMINA KALAPPO, Mangadu, Mangarabombang, Kabupaten Takalar, ju’mat (31/01/2020)

Kejadian berawal saat wartawan Radarekspres.com Muhammad Arief tersebut mengunjungi SPBU PERTAMINA KALAPPO, Mangadu, Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Mampir untuk buang air kecil didalam kamar mandi /wc. Namun saat keluar dari kamar mandi saya melihat karyawan pertamina sedang mengisi BBM melalui Jerigen sehingga saya langsung mengambil gambar dari arah kejauhan.” ungkap Arief.

Foto Pelaku yang Memukul Wartawan

Kemudian Arief pun diteriaki oleh salah satu warga namun tidak menghiraukannya. Salah satu warga menghampiri Arief dan meminta untuk menghapus foto tersebut. Tiba – tiba orang tak dikenal (OTK) langsung memukul arief dengan tinju disebelah pipi kanan arief.

“Saya wartawan pak, saya wartawan pak, ungkap Arief saat dipukul dan di tarik Kartu Anggota (KTA) nya oleh warga yang tidak terima Jerigennya di foto saat pengisian BBM melalui Jerigen

“Selanjutnya warga yang mengisi BBM menggunakan Jerigen ini
meminta foto itu di hapus dan wartawan radarekspres.com pun menghapusnya.

Wartawan mempunyai Undang- Undang dalam memperoleh sebuah informasi yang tertuang dan sudah di atur dalam UU No. 40 Tahun 1999  tentang Pers ( Pasal 18 Ayat 1) Menghambat – Menghalangi Wartawan melaksanakan tugas untuk mencari, memperoleh dan menyampaikan gagasan serta informasi.

Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (Lima ratus juta rupiah).”

Kita semua sangat menyayangkan atas sikap warga yang dinilai bersikap arogansi terhadap seorang jurnalis yang seharusnya tidak bersikap demikian.

“Kami harap Aparat Kepolisian Polres Takalar memberikan tindakan tegas kepada pelaku penganiayaan terhadap wartawan tersebut.” tutur Arief

Laporan : Arief
Editor : JFR

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKUM & KRIMINAL

Kapolsek Bajeng Berikan Surat Pemberitahuan Sebelum Pembongkaran Bangunan Di Atas Bantaran Saluran Irigasi 

Published

on

Gowa,-( Radarnkri.com) Guna melancarkan jalannya rencana eksekusi bangunan liar, personil Polsek Bajeng Polres Gowa bersama koramil 06 Bajeng dan staf kecamatan, menyampaikan pemberitahuan ke pemilik bangunan liar.Pemberian Surat Pemberitahuan ini disampaikan Kamis, 20 Februari 2020 oleh Camat Bajeng Nasrun, B, S, Sos di dampingi Kapolsek Bajeng Iptu Sunardi, SH, MH dan Kasi Trantib kepada para pemilik bangunan liar.

Pemilik bangunan liar ini terdapat di Atas bantaran Saluran Irigasi Kalukuang di Jalan Poros Panciro-limbung Kec. Bajeng Kab.Gowa untuk segera pindah.

Camat Bajeng Nasrun, B, S, Sos saat dikonfirmasi di lokasi mengungkapkan,”Tujuan pemberitahuan ini untuk mempermudah mereka, serta memberikan kesempatan kepada mereka mencari tempat lain,”ucap Camat Bajeng.

Kapolsek Bajeng Iptu Sunardi, SH, MH masih ditempat yang sama mengatakan,”Dengan di berikannya surat pemberitahuan ini, agar pemilik bangunana liar segera membongkar bangunannya secara sukarela dan kesadaran, karena sejatinya di atas saluran drainase tidak boleh ada bangunan,”terang Kapolsek.

Sumber (Humas Polsek Bajeng)
Laporan Nurdin Achmad.
Editor A.ilyas.

Continue Reading

HUKUM & KRIMINAL

Polsubsektor Bonsel Datangi TKP Terkait Penyerobotan Tanah

Published

on

RadarNkri.com | Gowa – Telah terjadi penyerobotan Tanah didesa pabundukang kec.bonsel oleh tersangka lel.An.Haris Dg.Mangung (tdk dpt memperlihatkan bukti kepemilikan) terhadap korban An. Abd kadir Jaelani Dg Nombong (bukti sertifikat) dimana kejadian tersebut Pihak korban akan membangun pondasi dan pagar namun pihak tersangka menghalangi untuk melanjutkan pekerjaan pihak korban, karena kedua belah pihak masing-masing menyatakan mempunyai bukti pemilikan lokasi yang akan di pondasi tersebut tadi. 9/02/2020Kronologis kejadian Pihak korban Lel.An.Abd.Kadir Jaelani akan membikin pondasi dan pagar tersebut dilokasinya yg sudah di sertifikatkan Namun pihak lawannya (Tersangka) An Haris Dg.Mangung sekeluarga menahan untuk melanjutkan dengan dasar Akte jual beli juga, namun bukti tidak mau di perlihatkan kepada pihak pemerintah setempat dengan alasan nanti di pengadilan saya perlihatkan bukti-Bukti pemilikannya.

Dan kami selaku piket RU II/B Ka jaga Aiptu Makanung bersama 2 orang anggotanya mendatangi TKP dan memediasi masalah tersebut namun pihak penggugat tidak menerima kejadian tersebut, Aiptu Makanung mengarahkan pihak Korban untuk melaporkan kepolres gowa atas kejadian penyerobotan tanah tersebut untuk di proses lebih lanjut.

(Red) A.ilyas

Continue Reading

HUKUM & KRIMINAL

Akibat Harta Warisan Oknum Pelaku Aniaya Keluarganya Sendiri Di Desa Jipang Bonsel

Published

on

RadarNkri.com | Gowa – Hari ini Kapolsubsektor bonsel Iptu.H.Abdullah DM,SH.MH melaporkan bahwa telah terjadi tindak pidana penganiayaan antara dia bersaudara akibat harta warisan. selasa tgl 4 januari 2020 1. WAKTU & TEMPAT
Hari Selasa tanggal 4 Februari 2020 sekitar pukul 09.00 WITA bertempat di Dusun Sapoletana Desa Jipang Kec.Bontonompo Selatan Kab.Gowa

2. IDENTITAS
a. Korban
Lel. ABD.MUIN DG SEWANG, umur 51 tahun, pekerjaan security BNI Takalar alamat Kel. Bontoramba Kel. Bontoramba Kec.Bontonompo Selatan Kab.Gowa

b. Pelaku
Lel. ISMAIL DG LIMPO, umur 41 tahun, pekerjaan wiraswasta, alamat Dusun Pannujuang Desa Jipang Kec.Bontonompo Selatan Kab.Gowa

c. Saksi
Lel. Dg LIMPO, umur 43 tahun, pekerjaan tukang becak, alamat Dusun Sapoletana Desa Jipang Kec.Bontonompo Selatan Kab.Gowa.

3. FAKTA-FAKTA
– Kronologis kejadian bermula ketika keponakan pelaku a.n per. LEBANG yang bertempat tinggal di belakang rumah pelaku hendak mencuci di keran air yang berada di samping rumah pelaku. Pelaku yang keberatan kemudian melarang per. LEBANG untuk mencuci di samping rumahnya dan langsung menutup keran air tersebut. Per. LEBANG kemudian memberitahukan hal tersebut kepada korban lel. ABD MUIN DG SEWANG yang merupakan omnya.Korban lel. DG SEWANG kemudian mendatangi rumah pelaku dengan maksud untuk mempertanyakan hal tersebut, sempat terjadi pertengkaran mulut antara pelaku dan korban dan beberapa saat kemudian pelaku keluar meninggalkan rumahnya. Korban kemudian mengikuti pelaku.

Pada saat melintas di depan kuburan Dusun Sapoletana Desa Jipang (TKP), pelaku yang menyadari diikuti oleh pelaku langsung menghentikan motornya dan mendekati korban. Selanjutnya
Terjadi perkelahian antara keduanya. Pelaku yang pada saat itu membawa sebilah parang kemudian memarangi korban sebanyak 1 kali yang mengenai bagian belakang kepala korban. Setelah itu pelaku langsung melarikan diri.

Atas kejadian tersebut korban mengalami luka gores pada kepala bagian belakang, selanjutnya korban dibawa ke Puskesmas Bontonompo guna mendapatkan perawatan medis.

4. CATATAN
a. Analisa
Sebelum pelaku melakukan Penganiayaan terhadap korban, keduanya sempat terlibat pertengkaran mulut & adu fisik di rumah korban dan ditambahkan bahwa pelaku dan korban merupakan saudara kandung.

b. Langkah-langkah
– Mendatangi TKP
– Mengumpulkan bahan keterangan dari para Saksi
– Mengumpulkan Barang bukti
– Mengamankan tersangka dipolsek bt.nompo
– Membuat Laporan polisi utk proses hukumnya
– Personil polsubsektor tetap siaga pasca terjadinya Kasus 351 Kuhp.

c. Prediksi
Penganiayaan tersebut terjadi karena antara korban dan pelaku memang terlibat masalah sebelumnya yakni memperebutkan hak waris atas rumah peninggalan orang tua mereka yang saat ini sedang dikuasai oleh pelaku.

d. Rekomendasi
Perlu kiranya agar kasus tersebut segera ditangani agar tidak meluas dan memicu timbulnya hal-hal yang
dapat menganggu stabilitas Kamtibmas.

KAPOLSUBSEKTOR BONSEL

Redaksi: A. Ilyas

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 DKA Research Center. PoweredBy RadarNKRI.com