Pendaftaran Online SBMPTN Berakhir Besok

RADARNKRI.Com I Jakarta –  Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) bagi peserta jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah dimulai sejak 5 April 2018. Sedangkan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dibuka 18 April 2018 bertepatan dengan pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kamis 26/04/2018.

Namun perlu diperhatikan, batas waktu pendaftaran UTBC dan UTBK akan ditutup serentak besok, Jumat 27 April 2018. Peserta yang tertarik untuk bergabung di perguruan tinggi (PTN) pilihannya perlu segera melakukan pendaftaran.

Pendaftaran secara daring dapat dilakukan melalui laman

Bagaimana tahap melakukan pendaftaran SBMPTN secara online?

Mendaftar Dalam Menu A

Tahap pertama masuk “Halaman untuk Memperoleh KAP dan PIN SBMPTN 2018”. Kemudian peserta diminta mengisi nama lengkap sesuai ijazah. Hal ini perlu dilakukan secara hati-hati karena jika terjadi kesalahan proses tidak dapat diubah atau diperbaiki.

Setelah proses diisi dengan benar, tinggal menekan tombol “Daftar” dan akan tinggal mencetak slip pembayaran yang dilakukan. Jangan lupa juga untuk menyimpan slip pembayaran yang sudah diterima.

Melakukan Pembayaran

Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran melalui bank yang ditunjuk. Peserta diberi batas waktu 3 x 24 jam terhitung sejak slip pembayaran diterima. Ada beberapa bank yang telah ditunjuk untuk dapat melakukan pendaftaran ini.

Mendaftar Dalam Menu B

Setelah melakukan pembayaran, peserta dapat kembali mengakses laman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id dan memilih “Menu B”.

Di sini peserta diminta mengisi kode KAP dan PIN yang sudah diterima sebelumnya. Setelah itu, peserta akan masuk dalam laman “Pendaftaran SBMPTN 2018” serta diminta mengunggah foto dan mengisi sejumlah data, yaitu dari nomor induk siswa nasional (NISN), nomor induk kependudukan (NIK), alamat, dan data lainnya. Jika seluruh data telah diisi dengan benar, dapat menekan tombol “simpan”.

Terakhir, peserta dapat melakukan pilihan PTN, program studi, dan tempat ujian.

Jadwal ujian tulis baik berbasis cetak maupun komputer akan dilaksanakan bersamaan tanggal 8 Mei 2018. Sedangkan Ujian Keterampilan bagi peserta yang memilih program studi tertentu dijadwalkan tanggal 9 -11 Mei 2018.(BI)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *