Pengumpulan Bantuan Untuk Korban Bencana Di Palu Dan Donggala Di Pimpin Kades Padaelo

RADARNKRI.Com I Bone – Selain turut berduka cita dan berbela sungkawa atas musibah bencana alam gempa bumi di sertai tsunami yang dialami oleh masyarakat Kota Palu dan Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah, masyarakat Desa Padaelo Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan turut memberi bantuan.

Melalui Kepala Desa Drs.Sudirman dan masyarakat Desa Padaelo beserta para mahasiswa sejumlah bantuan berhasil di kumpulkan dari masyarak tingkat desa dan di salurkan melalui kantor tingkat Kecamatan Lamuru bergabung dengan hasil bantuan para desa-desa lainnya.

Selanjutnya sejumlah bantuan tersebut kemudian kembali di kumpulkan menjadi satu pada kantor pemerintah Kabupaten Bone yang berasal dari hasil pengumpulan bantuan seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Bone untuk di salurkan langsung ke daerah bencana alam gempa dan tsunami di Kota Palu dan Donggala, 3/10/2018.

“Ini intruksi langsung dari bapak bupati (Kabupaten Bone red) kepada para kepala desa untuk segera memberi bantuan guna membantu para saudara-saudara kita yang terkena bencana di Kota Palu dan Donggala” tutur Drs.Sudirman saat terlihat mengantar bantuan memakai mobil menuju kantor Kecamatan Lamuru.

Sejumlah bantuan yang berhasil di kumpulkan dari masyarakat di Desa Padaelo bervariasi tidak hanya makanan tetapi juga dalam bentuk pakaian bekas layak pakai.

“Bantuan kami berupa ada indomie, pakaian bekas yang layak pakai, beras, air aqua, pembalut, selimut dan lain-lain” pungkasnya.

Selain itu menurut Kepala Desa Padaelo Drs.Sudirman pihaknya tidak menerima bantuan dalam bentuk uang tunai melainkan dalam bentuk barang yang di kumpulkan dari masyarakatnya.

“Jika dalam bentuk uang tunai mungkin agak sensitif” paparnya.

Di ketahui pengumpulan dan penyaluran bantuan dari Desa Padaelo tersebut tidak lepas peran serta para mahasiswa yang berasal dari Universitas Negeri Makassar (UNM) yang sedang melakukan praktek di desa-desa terbukti sangat membantu kelancaran pengumpulan dan penyaluran bantuan dari masyarakat.

Dari pantauan sejumlah titik kantor pemerintah  yang ada di Kabupaten Bone terlihat telah menumpuk barang-barang bantuan untuk para korban bencana alam dan telah siap diangkut menuju kantor Bupati Kabupaten Bone untuk di susun selanjutnya rencananaya akan langsung di kirim ke Kota Palu dan Kabupaten Donggala pada saat itu juga baik melalui jalur laut, darat dan udara.

Upaya ini merupakan inisiatif pemerintah dan masyarakat Kabupten Bone guna mengurangi beban dan membantu para korban bencana alam gempa bumi di sertai tsunami di mana telah menelan korban jiwa yang tercatat 1.234 orang meninggal dunia.

Seperti dalam keterangan pers yang di sampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di jakarta.

“Data terbaru sampai pukul 13.00 wib, ada 1.234 orang meninggal dunia. Korban itu di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong,” kata Sutopo di kantornya, Selasa, 2 Oktober 2018 dilangsir viva.co.id, (WI)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *