Hj Risqiyah Hijaz SE Lanjutkan Tradisi Keluarga Parlemen

Radarnkri.com|Gowa – Pemilu 2019 ini selain memilih pemimpin bangsa juga masyarakat memilih figur sebagai wakil rakyat. Terlepas dari itu ada yang menarik disimak dan perlu menjadi cerminan di butta bersejarah Kabupaten Gowa, keluarga Besar AGH Puang Makka Dg Mattayang dikenal dengan sebutan Puang Makka.

Sosok tokoh masyarakat ini pernah menjadi Anggota DPRGR pada tahun 1950 an mewakili Nahdlatul Ulama, namun karena beliau lebih mementingkan ummat posisi tersebut dilepasnya dan diberikan kepada anak bungsunya yakni Drs.H.Mustamin Dg Tompo.

Sepeninggal Beliau muncul kembali bergantian 2 orang anaknya yang berkiprah di pemerintahan juga duduk sebagai anggota DPRD Gowa pada tahun 1970an yakni H Hijazi Dg Nyonri serta adiknya M. Dachlan Dg Pawero.

Keduanya pernah duduk sebagai anggota DPRD Gowa dan keduanya pernah menduduki jabatan pada pemerintahan.

Selepas itu kembali generasi berikutnya Drs.H.Abd.Jabbar Hijaz,M.Si melanjutkan tradisi dikalangan keluarga ini menjadi wakil rakyat dari Partai Golkar di DPRD Gowa tahun 1990an dan setelah selesai periodenya kembali aktif di Pemerintahan Daerah Kabupaten Gowa. Setelah periodenya H Sanre (nama sapaan akrab) ketika Pileg 2004 anak keduanya H.Zulkifli Hijaz SE  melanjutkan tradisi keluarganya lewat Partai PDK berhasil duduk sebagai Anggota Legislatif Di DPRD Gowa sampai 2009.

Dimasa pensiun Drs.H.Abd Jabbar Hijaz, M.Si kembali duduk sebagai anggota DPRD Prov Sul-Sel dari Partai Golkar periode 2014 – 2019 melalui Pergantian Antar Waktu (PAW) hingga sekarang ini dan anak sulungnya H.Nur As’ad Dg Tayang dari PPP terpilih sebagai anggota DPRD Gowa dengan suara memukau masyarakat dapil I Somba Opu.

Pileg 2019 sebagai pembuktian trend tradisi sebagai wakil rakyat dikeluarga besar mereka sampai dengan hari ini. Meskipun H. Sanre belum selesai masa pengabdiannya di DPRD Prov. Sul-sel kini di Pemilu 2019 ini kembali 2 orang anaknya berhasil menjadi anggota legislatif meraih masing-masing kursi pada DPRD Kab.Gowa yakni H Nur As’ad Dg Tayang dari PPP (Incumbent) Dapil Somba Opu serta adiknya Hj Risqiyah Hijaz SE dari Partai Nasdem Dapil Pallangga – Barombong.

Hj Risqiyah Hijaz SE sudah dipastikan terpilih menjadi anggota DPRD Gowa meskipun belum ada hasil pleno KPUD Gowa, perolehan suaranya cukup mengesankan dari hasil penghitungan C1. Meskipun pendatang baru tapi menjadi salah satu andalan partai Nasdem Gowa sebagai perwakilan perempuan di dapilnya. Dirinya mampu menjawab dan menepis keraguan kompetiternya dari partai lain. (Bella)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *