BPBD Gowa Siapkan 20 Tenda Pengungsian Bagi Warga Kebakaran

Radarnkri.com, GOWA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gowa menyiapkan sekitar 20 tenda pengungsian bagi warga yang bermukim di sekitaran Kebakaran hutan dan lahan di Desa Rappolemba, Kecamatan Tompobulu.

Kepala BPBD Gowa Iksan Parawangsa mengatakan, karhutla yang terjadi di wilayah ini memang sangat dekat dengan permukiman. Hanya saja pihaknya telah mengimbau agar masyarakat setempat mengungsi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sejak semalam saya bergabung dengan Manggala Agni melakukan upaya pemadaman dan evakuasi warga. Kondisi angin disini kadang tidak menentu sehingga proses pemadaman sangat susah tertangani secara cepat,” katanya.

Sebagai langkah evakuasi kepada warga, BPBD Gowa menyiapkan sekitar 20 tenda pengungsian. Meski telah membuat tenda pengungsian, hampir seluruh warga yang mengungsi tidak memilih untuk bermalam di tenda pengungsian.

“Saat ini yang terdata ada 20 KK yang mengungsi. Mereka pun mengungsi ke keluarganya masing-masing, padahal kami sudah siapkan tenda. Kami tetap mengimbau ke masyarakat untuk menjaga dan mengevakuasi warga yang dekat dengan kawasan,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang dikumpulkan titik karhutla ada di enam kecamatan. Pertama, Kecamatan Parangloe berlokasi di Dusun Bontojai, Desa Borisallo, Desa Lonjoboko, dan Desa Belapunranga. Kedua, Kecamatan Manuju di Desa Tana Karaeng, Desa Tokko, Desa Benteng Rajaya, dan Desa Bilalang. Ketiga, Kecamatan Parigi di Desa sicini.

Keempat, Kecamatan Tompobulu di Desa Rappolemba. Kelima, Kecematan Bontolempangan di Dusun Taipakkodong, Desa Rappoala dan keenam, Kecamatan Tinggimoncong di Lingkungan Lembanna, Kelurahan Pattapang.

Laporan : Herman T
Editor : JFR

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *