SDIT Ma’arif Makassar Gelar Seminar Parenting

MAKASSAR , (Radarnkri.com) – Sekolah Dasar Islam Terpadu Ma’arif Makassar (SDIT MA’ARIF MAKASSAR) menggelar Seminar Parenting di Hotel Grand Asia Makassar, Minggu (26/12/2019).

Kegiatan ini diisi dengan materi yang mengangkat tema “Bersahabat dengan Anak Menuju Era 5.0”.

Hadir dalam acara tersebut, Direktur SIT Ma’arif Makassar Dr.H.Muammar Bakry, MA, Kepala SDIT Ma’arif Makassar H. Mubarak Bakry M.Th.I, Sekretaris PGRI Kota Makassar Dr. Dg. Maklassa, S.Pd., M.M., Ketua Jendela Pendidikan Nusantara (JPN) Pusat (Julia Putri Noor), Pengurus JPN Sulsel dan JPN Kota Makassar, Ketua Komite SDIT Ma’arif Makassar, Direktur/Pimpinan Media SIMAKBERITA.COM Abd Rahman Mursalim, Staf SDIT Ma’arif Makassar, dan undangan lainnya.

Ketua Panitia Seminar Parenting, Syahrul Halik mengatakan, tujuan pelaksanaan Seminar Parenting (SP) agar wali murid/orang tua siswa mengetahui proses pembelajaran pengasuhan interaksi antara orang tua dan anak yang meliputi aktivitas memberi petunjuk, memberi makan, memberi pakaian, dan melindungi anak saat mereka tumbuh berkembang.

“Mudah-mudahan setelah mengikuti Seminar Parenting para orang tua yang sudah memiliki anak bisa memiliki edukasi bagaimana mendidik anak agar sukses dan di masa depan bisa bersaing secara profesional karena sudah memiliki Parenting Education,” ujar Syahrul.

Direktur SIT Ma’arif Makassar, Dr. H. Muammar Bakry, MA dalam sambutannya mengatakan, seminar parenting ini bukan saja diperlukan wali murid sekolah tapi juga dibutuhkan oleh guru-guru yang bertugas di sekolah masing-masing.

“Metode yang paling baik bagi orang tua dalam mengajar dan membentuk karakter anak adalah dengan membekali diri dengan beragam informasi tentang pendidikan anak, karena hal itu merupakan sebuah keharusan bagi kedua orang tua agar pola didik dan pola asuh yang mereka terapkan di rumah bisa tepat sasaran dan efisien,” kata Dr. Muammar.

Ia menjelaskan, orang tua dan rumah adalah sekolah pertama yang dikenal anak karena orang tualah yang pertama kali mengajari dan membekali anak dengan nilai dan norma-norma sebelum anak belajar pada jenjang pendidikan usia dini atau pun pendidikan dasar.

“Hal itu akan memberikan dampak positif bagi anak, yaitu tumbuh dengan nilai-nilai baik yang telah tertanam kuat pada sanubari mereka dan terbawa hingga dewasa kelak,” sebut Dr. Muammar.

Sedangkan Kepala SDIT Ma’arif Makassar, H. Mubarak Bakry M.Th.I menuturkan, kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan dengan tujuan agar wali murid dan guru-guru bisa memberikan pendidikan dengan selalu memakai pola Parenting Education.

“Disamping untuk mengedukasi anak, juga bermanfaat bagi orang tua dalam memberikan pendidikan dini tentang karakter dengan metode yang tepat bagi buah hati mereka,” ucap H. Mubarak.

Seminar Parenting ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam melaksanakan perawatan dan pengasuhan anak-anak mereka, serta meningkatkan kesadaran orang tua atau anggota keluarga lain sebagai pendidik yang pertama dan utama.

“Semoga kegiatan ini bisa terus kami lakukan di setiap tahunnya demi peningkatan kualitas guru dan wali murid yang ada di SDIT Ma’arif Makassar,” tutup H. Mubarak. (Rudi)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *