Kepala Divisi UMKM Y-APK Bekerjasama dengan Radarekspres.com, Rintis UMKM Penetasan Telur Inkubator

MAKASSAR, (RADARNKRI.com) — Yayasan Aksi Peduli Kemanusiasn         (Y-APK) Telah merintis Pusat Pembibitan Peternakan Bebek Unggul kawasan Indonesia Timur. Sebanyak 30 buah Inkubator penetasan telur bebek telah diproduksi dan siap dioperasikan. Demikian Herman Nompo ST MT Pendiri/ Pembina DPP YAPK didampingi Djufri Dg Tutu Ketua umum DPP Y- APK menjelaskan kepada awak media.

Yayasan ini dalam kiprahnya mengabdi untuk kemanusiaan, selain membina Divisi Sosisl, SAR dan Lingkungan Hidup, juga mengelola UMKM . Diantara UMKM yang dikelola juga ada Unit Usaha Keramba ikan lele dan nila serta Program Inkubator Penetasan Pembibitan Bebek Kualitas Unggul.

Herman Nompo ST MT Dirut PT MMB (Makassar Mitra Bersama) yang bergerak bidang Profesional Problem Modiator dan Pendiri PT JOIN Media Siber Indonesia serta  Pendiri PT GowaMO (Group Wartawan Media Online) , menuturkan Pertumbuhan peluang sektor ekonomi kerakyatan perlu dibarengi kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menangkap peluang itu. Diantaranya pembibitan ternak bebek unggul . Di Indonesia selama ini dikenal 3 jenis varitas bebek unggul, antara lain jenis bebek I love you, bebek Mojosari dan bebek Bali. Ketiga jenis bebek itu punya karakter dan kelebihan sendiri sendiri, termasuk peminat dagingnya.

Untuk tahap pertama, DPP Y- APK dibawah kendali Devisi UMKM telah merilis 30 Buah Inkobator yang bekerjasama dengan Radarekspres.com (mesin penetas telur bebek) masing masing berkapasitas 250 biji. Saat ini sudah banyak User penampung bibit bebek , bahkan penampung bebek dewasa untuk kepentingan restoran hotel, rumah makan dan warung khususnya pengusaha kuliner bebek goreng pun telah memesan minimal 15.000 ekor perbulan.

Inkubator khusus yang dikembangkan Djufri Daeng Tutu ini telah melalui riset dan study sains aplikatif, sehingga kualitas hasilnya terjamin. Alhamdulillah 95% lulus pada operasi perdana. Tergantung kualitas telur yang ditetaskan”, terangnya.

 

Y-APK mengajak stake holders dan masyarakat luas untuk bergandeng tangan bersinergi , membentuk ketahanan ekonomi kerakyatan berbasis bahan baku dalam negeri sendiri. Dalam hal ini pihak Y-APK menyarankan penerapan teknologi peternakan yang ramah lingkungan, bahan organik serta study kelayakan pasar.

Para pihak, termasuk pemerhati usaha kecil menengah masyarakat , mitra juang aksi kemanusiaan dan user yang berkenan melakukan sinergitas program pembibitan Bebek unggul dapat menghubungi Ketua umum atau Kepala Divisi UMKM DPP Y-APK yang berpusat di kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Laporan : Ian/SamsulHadi

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *