Lsm GMBI Distrik Makassar, Demo Menolak RUU HIP

Makassar, RadarNkri.com | Massa aktifis Lsm GMBI DIstrik Makassar melakukan aksi unjuk rasa menolak pembahasan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) di depan Gedung DPRD Kota Makassar, Jl. AP. Fettarani, Kota Makassar, Selasa (30/06/2020).

Ratusan massa berseragam GMBI longmarch menuju kantor Dewan dari sekretariat DPC LSM GMBI Ksm Pannakukang di jl. Beulevard, bersama iring-iringan mobil pembawa sound sistem dan mobil komando GMBI para demostran mengibarkan bendera serta menjajahkan spanduk Penolakan RUU HIP sambil berorasi menyuarakan aspirasi mereka.

Foto : A. Hadi Ibrahim Baso Di Stage Orasi Lsm GMBI

Dalam aksi di halaman kantor dewan tersebut, Para demonstran tertib pada protokol kesehatan, para demonstran mengenakan masker.

“RUU HIP ini sangat Rancu dan aneh, apalagi digelar dalam masa pandemi corona. Itu sebabnya meskipun masih dalam momen adanya PSBB transisi, mereka tetap melaksanakan aksi demo karena DPR sendiri menyelenggarakan RUU HIP ini di tengah masa pandemi, Sangat Urgent aksi ini demi keutuhan negara, walau begitu kita harus tetap taat pada protokol kesehatan” ujar Drs. Sadikin Kawilter Lsm GMBI Sul-Sel yang membuka Orasi.

Ketua LSM GMBI Distrik Makassar, Ir.Walinono Haddade sekaligus Korlap yang memimpin aksi meminta kepada DPRD Kota Makassar dalam orasinya mendesak agar aspirasi mereka ditanggapi dan disampaikan kepada DPR RI karena dianggap dapat mengacaukan sistem ketatanegaraan dan pemerintahan dan dikhawatirkan dapat menghidupkan kembali Partai Komunis Indonesia (PKI).

“Pancasila sudah final, tidak akan kami membiarkan Pancasila sebagai Falsafah Negara di Kerdilkan”. Tegas Ir. Walinono Haddade yang akrab dipanggil Pak Wali ini.

Dalam Aksi Tersebut Ir. Walinono yang dalam orasinya di kawal para petinggi LSM GMBI Se-sulawesi selatan menyerukan kepada pejabat dan anggota DPRD Kota Makassar untuk keluar menerima surat pernyataan sikap LSM GMBI sebagi pengembang aspirasi masyarakat penolakan RUU HIP.

Seruan ini ditanggapi positif oleh Andi Hadi Ibrahim Baso wakil ketua komisi B, Anggota DPRD Kota Makassar dari Fraksi PKS inipun keluar dan berdiri di stage orasi bersama para orator, menyuarakan Sikap yang sama, dan mengapresiasi pernyataan Sikap dan aksi LSM GMBI.

Sikap Wakil Rakyat ini sangat diapresiasi oleh demostran, khususnya saat momen serahterima surat pernyataan sikap LSM GMBI Intens menambah semangat demonstran membela Pancasila dengan Sorakan “NKRI Harga Mati”.

Menurut A. Hadi Ibramim Baso yang dikawal Staf Humas DPRD Kota Makassar, Pancasila sudah final tidak dapat diubah lagi, beliau mendukung penolakan RUU HIP, dan Pernyataan Sikap LSM GMBI kota Makassar akan disampaikan ke DPR RI. Terangnya saat di stage orasi.

Hadirnya RUU HIP ini dinilai tidak tepat dibahas di tengah masa pandemi. Sebab, hal itu bukanlah menjadi urgensi untuk dibahas saat ini.

Drs. Sadikin Kawilter Lsm GMBI Sul-Sel Menegaskan bahwa LSM GMBI Satu Komando di berbagai Wilayah di Sul-Sel akan turut bergerak dan mendesak Pemerintah untuk menghentikan Pembahasan RUU HIP karena dinilai berpotensi memicu konflik dan menghidupkan kembali sistem di era Orde Baru ketika negara begitu kuat mengontrol masyarakatnya dan mengindikasikan kebangkitan Komumisne.

Reporter : Harrey Kiswah

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *