Dinkes Kab Boalemo Sediakan Posko Kesehatan dan Bantuan Bagi Korban Banjir

GORONTALO, radarnkri.com | Korban banjir mengungsi di Desa Tapadaa Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo berjumlah kurang lebih 41 warga, hbsementara di desa Rumbia tidak ada yang mengungsi karena sebagian besar alasannya mereka tidak mau meninggalkan rumah.

Dalam tiga hari pasca banjir sudah dua kali di lakukan pemantauan dan untuk desa yang terdampak banjir sudah di sediakan Posko Kesehatan.

Dari segi kesehatan beberapa warga mempunyai keluhan seperti batuk dan sesak nafas. Ada juga ibu hamil di pengungsian beresiko Preeklamsia dari segi sandang pangan beberapa warga mengeluh karena rumah yang ditempati tidak memungkinkan untuk mereka istrahat. Penyaluran bahan makanan yang datang tidak tepat waktu.” ungkap dr. Rahmawaty dai, MKes,

dr. Rahmawaty dai, MKes, mengatakan bahwa warga merasa senang akan kehadiran petugas yang telah suka rela menolong. Mereka bersyukur dan mengucapkan banyak terima kasih.

 

Foto : Saat Pemeriksaan Kesehatan

Adapun Data korban banjir di desa karya murni kecamatan paguyaman kabupaten boalemo yaitu di dusun laluwo 4 rumah, 4 kepala keluarga, 18 jiwa dan di dusun tuoyi ada 38 rumah, 40 kepala keluarga dan 125 jiwa. Kegiatan di lakukan sedari berlangsungnya banjir hingga saat ini.

Keluhan mereka terhadap bencana yakni agar dapat di bantu perbaikan tanggul supaya tidak terjadi lagi banjir susulan dan Alhamdulillah keluhan warga sudah di respon oleh pemerintah daerah kabupaten Boalemo.

Masyarakat sangat bersyukur karena sebagian staf Puskesmas Paguyaman yang di pimpin langsung oleh dr. Rahmawaty dai, MKes, sebagian staf Puskesmas Boutumeito yang di pimpin langsung oleh Yuningsih Pahrun, SST dan sebagian staf Dinas Kesehatan kabupaten Boalemo yang di pimpin langsung oleh hj.Sutriyani N. lumula, SST, Mkes bergerak cepat dalam memberikan bantuan baik bantuan makanan dan pengobatan kepada masyarakat yang sakit serta melakukan evakuasi bersama masyarakat dan lintas sektor lainnya.

Adapun bantuan yang kami berikan kepada korban banjir seperti
Supermi, Susu, Biskuit Balita, Snack untuk anak-anak, Popok Balita, Pengobatan gratis dan air Mineral.

Hj. Sutriyani N. lumula,, SST, M.kes mengungkapkan bahwa dinas kesehatan kabupaten Boalemo gabung puskesmas Paguyaman dan puskesmas Botumoito dan beberapa petugas yang menemani saya turun langsung

Dr. rahmawaty dai, M.Kes
Yuningsih Pahrun, SKM
Karni dai, S.Kep Ners
Dr. Mesry Pansariang
Yolanda marjun, Amd.Kep
Aditya nawawi, Amd.Kep
Isra karim,, SKM
Nur Bilaleya, AMG
Sri wulan karim, Amd Keb
Risma, Amd Keb
Melinda asuna
Sugiarty Soepardy, SST
Maryam Moridu, S.Gz
Indira tengkeran, SST
Irfan hemeto, SKM, Mkes

” Apa yang kami berikan tidak seberapa namun kami berharap bisa meringankan beban korban banjir.” Tutup Hj. Sutriyani N. lumula,, SST, M.kes, Rabu 06 Agustus 2020 saat di konfirmasi Via WhatsApp.

Laporan : Muh Arfah
Editor. : Jufri

 

 

 

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *