Memotret Kemesraan TNI dan Polri Dalam Penanganan COVID-19

Namun demikian dalam praktiknya, tugas Polri di dalam negeri sering kita lihat dibantu oleh jajaran TNI, hal ini tentu sangat baik, sebab akan memberi pesan kepada publik bahwa hubungan TNI dan Polri hingga saat ini begitu mesra, harmonis dan kompak dalam mengemban tugas negara.

Dalam perjalanannya kalaupun ada insiden tertentu di lapangan, tentu ini harus dimaknai sebagai sebuah kasuistik yang bersifat personal dan tidak mewakili kedua institusi tersebut. Untuk itulah, kalau ada pandangan yang berkembang untuk “membenturkan antara lembaga TNI dan Polri” saya kira sangat tidak tepat dan kurang bijak, sebab sesuai UU, kedua institusi ini adalah memiliki tugas yang “sejajar” sesuai dengan tupoksinya masing-masing yakni menjaga stabilitas nasional.

Selanjutnya sebagai warga negara yang baik dan beragama upaya menjaga keamanan lingkungan sangatlah penting untuk dilakukan. Meskipun pemerintah telah menjamin keamanan kita selaku warga negara, dengan mengerahkan TNI dan Polri, namun kita tetap bertanggungjawab atas keamanan lingkungan kita masing-masing.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *