Sertu Heri Jaya Dampingi Pembersihan Hama Rumput

Aceh Barat – RadarNkri.com -Babinsa Koramil 08/Arongan Sertu Heri Jaya melaksanakan pendampingan dengan pok tani hudep sare milik bapak ismail didesa ujong beusa kec. Arongan lambalek ikut membantu membersihkan hama rumput yang mengganggu pertumbuhan Padi, Sabtu (02/01/2021).Hama menjadi salah satu prioritas yang harus dibasmi untuk menyelamatkan tumbuhan padi. Hama tidak hanya merusak padi secara kualitas tapi juga kuantitasnya, itulah sebabnya para petani di desa Ujung Beusa memprioritaskan membasmi hama untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen. Hama bukan hanya dari hewan seperti burung, wereng, tikus dan serangga tetapi juga rumput.

Beberapa tahun terakhir, pernah padi menurun kualitasnya seperti pecah dan busuk, setelah di telaah rupanya serangga yang berasal dari rumput salah satu penyebabnya. Rumput yang terlambat dibersihkan juga pertumbuhannya jauh lebih cepat dari padi sehingga sulit untuk dibersihkan. Beruntung tahun ini ada babinsa yang membantu, insya allah hasilnya meningkat secara kualitas baik kuantitas dan babinsa selalu diberi kesehatan untuk terus dapat mendampingi dan membimbing kami, ujar Pak Ismail.

Memang saya lihat yang banyak dikeluhkan masyarakat khususnya petani ini adalah hama. Hama baik hewan maupun tumbuhan memang menjadi musuh utama petani disetiap tahunnya. Di musim hujan seperti ini, pertumbuhan rumput memang sangat cepat sehingga kita harus lebih sigap membasmi sebelum tumbuh lebih dari padi, imbuh Sertu Heri Jaya.

(Red)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *