Babinsa Koramil Model 04/Meureubo Diasah Kemampuannya Melalui Latnister

Aceh Barat – RadarNKRI | Dalam upaya meningkatkan kuwalitas Sumber Daya Manusia ( kecakapan, kemampuan dan wawasan) Prajurit yang profesional dan tangguh, Babinsa Koramil Model 04/Meureubo Kodim 0105/Abar selama 5 (lima) hari kedepan akan digembleng melalui Latihan Teknis Teritorial (Latnister). Kegiatan digelar di Aula serba guna Makoramil 04/Meureubo Jalan TMMD Desa Paya Peunaga Kecamatan Meureubo, Senin (5/4/2021)

Kegiatan dibuka langsung oleh Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera S.Sos M.A.P dan di hadiri oleh para Danramil – Danposramil, Perwira Staf serta Babinsa Koramil 04/Meureubo.

Adapun struktur Organisasi dalam Latnister ini adalah, sebagai Pimpinan Umum Latihan Letkol lnf Dimar Bahtera S.Sos M.A.P, Asisten/Evaluasi Mayor Arh Boy lswarmen S.E dan Mayor lnf Ahmad Hisom Baihaqi, Komandan Latihan Kapten lnf Suyono, Wakil Komandan Latihan Kapten lnf Muhammaddar, Staf Latihan terdiri dari Pasi Pamops Letda lnf Desman dan Pasi Minlog Kapten lnf Dedi Wahyudi.

Sedangkan Koordinator Materi dan Materi yang diberikan meliputi, Pul Data Ter (Kapten lnf Herinizal), Analisa Kejadian (Lettu lnf Khaerul Zein S.H), Sun Renc Giat Binter (Lettu lnf Azhari), Pembuatan Lap Binter (Kapten lnf Suyono), Bin Komsos Hanneg Dini (Kapten lnf Muhammaddar) dan Bin Komsod Hanneg Kesulitan Rakyat (Kapten lnf Hendra Saputra).Kegiatan Latnister ini merupakan program tahunan bidang operasi dan latihan, yang mekanisme pelaksanaannya yakni dua tahap. Tahap pertama para peserta akan diberikan pembekalan materi diruangan selama 3 (tiga) hari, sementara tahap kedua yaitu pemantapan dengan melaksanakan praktek lapangan selama 2 (dua) hari.

Sebelum prosesi pembukaan, terlebih dahulu Dandim transit di Kolat (Komando Latihan) guna melakukan breafing dengan pihak penyelenggara dan pemateri. Sekaligus menerima Paparan RGB (Rencana Garis Besar) Latihan Teknis Tingkat Koramil 04/Meureubo yang disampaikan oleh Danlat Kapten lnf Suyono.

Kapten lnf Suyono, dalam pemaparannya menyampaikan dengan dilaksanakan Latnister ini kiranya bisa lebih memantapkan dan meningkatkan kualitas Babinsa, khususnya Babinsa Koramil Model 04/Meureubo. Sehingga para Babinsa mampu dan profesional dalam melaksanakan tugas di lapangan saat dihadapkan pada tantangan tugas kedepan yang semakin komplek dan “komplit”. Dengan SDM yang dimiliki, diharapkan dapat mencapai keberhasilan pelaksananan tugas pokok satuan.

“Latnister ini bertujuan untuk memelihara sekaligus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) dalam melaksanakan tugas – tugas teritorial. Kegiatan ini juga memberikan bekal wawasan kepada para Babinsa Koramil 04/Meureubo, tidak hanya saat aplikasi tugas dilapangan, akan tetapi para peserta ini juga sebagai kaderisasi yang akan memberikankan materi atau melatih Babinsa jajaran Koramil lainnya”, terang Kapten lnf Suyono

Sementara itu, Letkol lnf Dimar Bahtera S.Sos M.A.P selaku Komandan Latihan mengatakan bahwa Babinsa merupakan ujung tombak Satuan Aparat Komando Kewilayahan. Sehingga mereka tidak boleh tumpul, harus selalu diasah melalui latihan terprogram secara bertahap, bertingkat dan berlanjut seperti Latnister ini.

“Kegiatan Latnister ini merupakan salah satu siklus program latihan tahunan yang selalu dilaksanakan dengan tujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan teknis bagi Koramil jajaran Kodim 0105/Abar dalam melaksanakan tugas – tugas kewilayahan. Apalagi Koramil 04/Meureubo yang statusnya menyandang sebagai Koramil Model (Percontohan). Babinsa di wilayah harus selalu eksis berperan aktif dan mampu memberikan energi positif dalam membantu program pemerintah hingga sampai kepelosok Desa demi mewujudkan kesejahteraan warga binaannya”, ungkap Dandim

Dandim juga berpesan, agar dalam kegiatan ini seluruh peserta tetap fokus dan semangat supaya semua materi dapat diserap dengan baik.

“Sebagai Pimpinan Umum Latihan, saya berharap nantinya para peserta latihan mampu menguasai materi teknis teritorial dan mampu menjadi penggerak bagi Koramilnya dan bisa mentransferkan ilmu yang didapat kepada rekan – rekan Babinsa dari Koramil lain”, pungkas Dandim. ( Pendim 0105/Abar)

(Red)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *